Penting Tau Cara Mengemudi Mobil Matic di Jalan Sempit, Biar Minimalisir Risiko

Selasa 03-09-2024,08:48 WIB
Reporter : Swandra Yadi
Editor : Swandra Yadi

Jadi, pengemudi lain pun bisa menyesuaikan serta mengambil tindakan yang tepat dengan kondisi saat itu.

3. Memosisikan Mobil di Tengah

Pada jalanan yang sempit, biasanya motor akan berada di sebelah kiri. Oleh sebab itu, Anda dapat memberi ruang untuk pengendara motor atau pejalan kaki di sebelah kiri dengan memosisikan mobil di tengah.

Kegunaan dari mengemudi di posisi tengah tersebut akan Anda rasakan saat ada mobil dari arah berlawanan. Anda tinggal memosisikan mobil ke sisi kiri sehingga bisa memberi jalan yang cukup untuk mobil tersebut.

BACA JUGA:6 Tips Praktis Rem Aman, Hindari Bahaya Kurangi Risiko Kecelakaan

Selain itu, mobil dari arah yang berlawanan juga tidak akan terlalu menempel atau berdempetan ketika berpapasan dengan mobil Anda. Namun, ketika Anda berada pada sisi kiri jalan maka risiko berdempetan dengan mobil dari arah berlawanan pun lebih besar.

Itulah mengapa, pastikan Anda menerapkan cara mengemudi mobil matic di jalan sempit satu ini. Berada di area tengah membantu Anda tetap memiliki ruang yang cukup untuk meminggirkan mobil ke kiri saat berpapasan dengan mobil lain dari arah yang berlawanan.

4. Selalu Melihat Spion Kanan

Ketika mengambil jalur tengah, pastikan Anda selalu melihat spion kanan mobil. Ini akan membantu Anda untuk mengetahui kondisi jalanan di sekitar dengan baik.

BACA JUGA:5 Tips Jitu Pilih Mobil Baru di Pameran Otomotif, Ikuti Panduan Berikut Ini

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kecepatan mobil di jalanan sempit sebaiknya dijaga agar melaju secara perlahan. Laju mobil yang pelan ini biasanya akan memicu kendaraan lain, khususnya motor, untuk mendahului mobil Anda.

Oleh karena itu, melihat spion kanan membantu Anda mengetahui apakah ada motor dari arah belakang yang ingin mendahului. Bila ada antrean motor menunggu di belakang, maka Anda bisa mempersilahkan pengendara motor untuk mendahului.

Beri ruang dengan meminggirkan mobil ke kiri sambil menjaga laju mobil tetap pelan. Jika motor sudah mendahului, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan lebih aman dan nyaman.

BACA JUGA:Tips Kabin Mobil Cepat Netral di Cuaca Panas, Bikin Berkendara Lebih Nyaman

5. Menjaga Jarak Aman

Jaga jarak antar kendaraan agar tetap aman jadi cara mengemudi mobil matic berikutnya yang perlu Anda terapkan. Fungsi jarak aman juga serupa dengan menjaga kecepatan mobil tetap rendah.

Kategori :