Wajib Tau, Ini yang Bedakan Ban Mobil Listrik Dengan Ban Mobil Biasa

Kamis 15-08-2024,14:09 WIB
Reporter : Maulana Muhammad
Editor : Maulana Muhammad

Ban mobil listrik biasanya dilengkapi teknologi khusus yang bertujuan untuk meningkatkan traksi, terutama saat menghadapi kondisi jalan yang tidak rata atau basah dan licin.

Profil ban mobil listrik punya desain lebih ramping yang dioptimalkan untuk meningkatkan handling. Selain itu, berat baterai mobil listrik yang terletak di bagian bawah dapat meningkatkan stabilitas dan keseimbangan secara keseluruhan, yang turut berkontribusi pada handling yang lebih baik.

BACA JUGA:Bikin Penasaran, Mobil Listrik Ini Jadi yang Paling Sering Test Drive di GIIIAS 2024

BACA JUGA:Hingga Akhir Juli 2024, BYD Bakal Kirim Segera 2.500 Unit Mobil Listrik ke Konsumen

6. Durabilitas dan Ketahanan Terhadap Cuaca

Ban mobil listrik cenderung memiliki durabilitas lebih baik dibandingkan ban mobil konvensional. Hal ini disebabkan oleh rancangan khusus ban mobil listrik yang mampu menanggung beban tambahan yang diakibatkan oleh berat baterai yang lebih besar.

Selain itu, ban mobil listrik juga dirancang dengan ketahanan terhadap cuaca yang lebih baik, terutama terhadap air dan salju.

Didesain untuk mengalirkan air dengan lebih efisien, yang pada gilirannya meningkatkan traksi dan mengurangi risiko aquaplaning.

Teknologi pengendalian tekanan udara yang otomatis juga disematkan pada ban mobil listrik, yang dapat menyesuaikan tekanan udara dalam ban sesuai kondisi cuaca tertentu untuk memastikan kinerja yang optimal.

BACA JUGA:Gelegar PLN Mobile 2024 Kembali Hadir, Jangan Lewatkan Hadiahnya Emas Hingga Mobil Listrik!

BACA JUGA:Wow! Jusuf Hamka Borong 100 Mobil Listrik Wuling di GIIAS 2024, Dibagi ke Anak Buah, Segini Total Bayarnya

7. Produksi dan Perawatan Ban Mobil Listrik vs Konvensional

Mobil listrik umumnya memiliki ban dengan teknologi lebih canggih dengan bahan material lebih mahal dari mobil konvensional.

Hal ini dapat memengaruhi biaya produksi mobil listrik secara keseluruhan. Selain itu, ban mobil listrik lebih tahan terhadap aus, karena penggunaan teknologi yang dirancang untuk mengoptimalkan efisiensi dan durabilitas.

Meskipun demikian, biaya perawatan ban mobil listrik cenderung lebih rendah dibandingkan dengan mobil konvensional.

Membutuhkan perawatan yang lebih sedikit pada sistem pengereman dan suspensi, yang berkontribusi pada pengurangan biaya perawatan secara keseluruhan.

Kategori :