Siap-siap! Mobil Listrik Pertama Suzuki Akan Meluncur pada Oktober 2024

Rabu 24-07-2024,13:58 WIB
Reporter : Susi Yenuari
Editor : Susi Yenuari

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Maruti Suzuki di India mengumumkan agenda peluncuran mobil listrik perdana yang akan dilakukan pada Oktober 2024 mendatang.

Ini menjadi lanjutan atas buah kerjasama Suzuki bersama Toyota di India.

Dengan begitu, Toyota dan Suzuki di India dipastikan memiliki produk mobil listrik berbasis baterai dengan basis yang sama.

Mobil listrik berbentuk SUV dari Suzuki dan Toyota ini akan mereka produksi di pabrik Maruti Gujarat yang mempunyai kapasitas lebih dari 125 ribu unit mobil per tahun.

BACA JUGA:Terbaru! Pocket Concept Honda Jadi Motor Listrik Futuristik Pamer di GIIAS 2024

Mobil listrik ini kemungkinan versi produksi dari eVX yang sebelumnya telah dipamerkan di bulan Januari 2023.

Menurut perusahaan, pabrik ini akan sekaligus menjadi pabrik utama untuk kedua SUV listrik tersebut yang akan melayani pasar domestik juga ekspor.

Menjelang peluncurannya, Suzuki diketahui sudah melakukan uji jalan terhadap mobil listriknya di Polandia.

Model ini akan memiliki panjang 4,3 meter dan memungkinkannya menjadi rival utama dari Hyundai Creta EV yang akan rilis pada Auto Expo 2025 nanti.

BACA JUGA:Mending Pilih Mana, Beli Mobil Baru atau Bekas? Simak Penjelasan Berikut!

Menggunakan jarak sumbu roda 2.700 mm, mobil ini diklaim hadir dengan ruang kabin lapang. Selain itu interior juga dijanjikan memiliki tampilan mewah dan elegan, serta bertabur fitur untuk keselamatan dan kenyamanan.

Sejauh ini Suzuki belum mengungkap rincian spesifikasi, termasuk kisaran harga saat model ini meluncur.

Tapi pada perhelatan Auto Expo 2023, perusahaan menyebut konsep mobil ini memiliki baterai 60 kWh dengan jangkauan jarak tempuh sekali isi 550km.

Versi produksi diharapkan bakal memiliki kapasitas baterai serupa, dengan jangkauan kisaran 500 km. Tapi buat varian terendah kemungkinan Suzuki membenamkan baterai lebih ringkas sekitar 48kWh dan jangkauannya sekitar 400 km.

BACA JUGA:All New Nissan Serena e-Power Dibanderol Rp600 Juta, Klaim Konsumsi BBM Seirit Ini

Kategori :