Diproduksi Masal, Mobil Militer 'Maung' Dijual Bebas, Spesifikasi Sama Seperti Standar TNI?

Rabu 24-01-2024,10:23 WIB
Reporter : Maulana Muhammad
Editor : Maulana Muhammad

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Kendaraan atau mobil militer maung, yang diproduksi oleh PT Pindad kini akan dijual secara masalah kepada warga sipil.

Mobil asli buatan Indonesia ini memiliki dua versi yaitu versi militer dan sipil, dan akan segera hadi di salah satu dealer mobil mewah.

Adapun dealer mobil mewah yang akan memasarkan mobil Maung versi sipil  buatan Pindad ini adalah showroom Prestige Image Motorcars yang nota bene milik Rudy Salim di kawasan Jakarta Utara.

Kendaraan berjenis SUV yang dikembangkan oleh perusahaan alutsista Indonesia (Pindad) memang dirancang dan diperuntukan sebagai kendaraan militer. Namun juga dapat digunakan untuk off-road sipil.

Presiden Direktur Prestige Image Motorcars Rudy Salim juga menyebutkan rencana untuk menjual mobil Maung ini. Namun, mobil ini belum selesai diproduksi.

BACA JUGA:SUV Maung Pindad Versi Sipil Bakal Rilis, Pesaing Langsung Pajero dan Fortuner

"Rencananya akan dijual. Namun belum sekarang, karena belum selesai produksinya," kata Rudy, Selasa, 23 Januari 2024.

Mobil militer yang sudah dipesan 500 unit oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ini memiliki spesifikasi sebagai berikut:

Maung punya panjang 4.931 mm, lebar 1.640 mm, tinggi 1.820mm, dan jarak sumbu roda 3.090 mm. Maung dibekali velg 17 inci yang dibalut dengan ban Mud Terrain (MT).

Kendaraan ini terlihat sangat gagah dari wujudnya. Di sisi pintu terlihat bagian sisi samping dan atas terbuka.

Maung Pindad dibekali mesin diesel yang berasal dari Toyota Hilux berkapasitas 2.494 cc. Pindad Maung bisa dipacu hingga kecepatan 120 km/jam. Maung mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km.

Mesin itu dihubungkan dengan transmisi manual 6 percepatan. Suspensi depannya berupa independent, coilover dan suspensi belakang rigid, coilover, 4 link.

BACA JUGA:5 Mobil SUV 7 Seater, Luas dan Nyaman, Cocok Untuk Keluarga Besar, Simak Spesifikasi Lengkapnya di Sini

Lantas apakah spesifikasi Mobil Maung versi sipil yang nantinya akan dijual secara massal sama seperti versi militernya? 

Meski diperuntukan untuk sipil namun kendaraan Maung atau MV2 4X4 ini tetap memimiliki karakteristik khas militer yang gagah dan kuat. Bahkan secara fisik dan tampilanya sama perseri seperti Maung versi militer. 

Kategori :