Ingin Peroleh Istana di Surga? Amalkan ini di Bulan Rajab Jatuh Pada Tanggal 13 Januari 2024

Rabu 10-01-2024,16:18 WIB
Reporter : Susi Yenuari
Editor : Susi Yenuari

Berdasarkan kebiasaan Rasulullah yang melakukan dan meninggalkan saum tersebut, Buya Yahya mengatakan, ini artinya puasa di bulan Rajab adalah amalan sunah.

Maksudnya, apabila berpuasa di bulan Rajab, maka kamu telah melaksanakan amalan sunah. Namun, jika tidak mengerjakannya, maka kamu sebatas tidak mendapatkan keutamaan sunah tersebut.

BACA JUGA:Doa Tertimpa Musibah, Rasulullah SAW Mengajarkan Agar Bersabar

Dalam Qur’an surah At-Taubah ayat 36, Allah telah menjelaskan tentang jumlah bulan dalam satu tahun dan diantaranya ada 4 bulan yang mulia.

Kemudian Rasululloh SAW dalam sabdanya yang diriwayatkan oleh Al Bukhori dan Muslim, menyebutkan rincinan namanya yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Pada bulan-bulan ini kita dianjurkan untuk banyak beramal sholeh dan mengurangi kemaksiatan.

Menurut Riwayat Abu Nuaim dan Ibnussuni ,setiap memasuki bulan Rajab, Rasululloh SAW senantiasa membaca doa : 

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allaahumma baariklanaa fii Rajaba wa Sya’baana Wa Ballighnaa Ramadhana.

Yang artinya: “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban ini, dan sampaikanlah umur kami bertemu Ramadhan.”

BACA JUGA:Agar tidak Stres dan Frustasi, Berikut 8 Doa Dijauhkan dari Masalah, Nomor 3 Sangat Penting!

Karena termasuk bulan mulia, maka Allah melipatgandakan pahala bagi mereka yang beramal.

Sebagai umat Islam, alangkah baiknya untuk berusaha menjadi hamba yang taat serta menambah semangat beribadah dengan memahami keutamaan bulan Rajab.

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan di bulan Rajab adalah bersedekah. Bersedekah di bulan ini mendatangkan pahala yang sangat besar, salah satunya adalah akan dibangunkan sebuah istana di surga Firdaus.

Rasulullah dalam hadisnya menyebutkan dengan jelas, keutamaan bersedekah di bulan Rajab.

عن عبد الله بن زبير رضى الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال من فرج عن مؤمن كربة فى شهر رجب وهو شهر الله الأصم أعطاه الله تعالى فى الفردوس قصرا مد بصره ألا فأكرموا رجب يكرمكم الله عز وجل بألف كرامة

Artinya: “Barang siapa yang melonggarkan satu beban kehidupan sesama saudara mukmin di bulan Rajab, Allah akan membangunkan istana untuknya di surga Firdaus yang luasnya sejauh pandangan matanya.

Kategori :