Mengenal Lebih Jauh Morning Wood, Ereksi di Pagi Hari yang Normal Terjadi, Ini Penyebabnya

Kamis 22-06-2023,06:00 WIB
Reporter : Maulana Muhammad
Editor : Maulana Muhammad

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Morning wood adalah normal yang terjadi pada pria di saat pagi hari. kondisi ini adalah dimana pria dapat ereksi dengan sendirinya tanpa ada rangsangan yang disengaja.

Ereksi adalah kondisi dimana alat kelamin pria akan mengeras dan menegang sebagai bentuk rspon alami tubuh saat mendapat rangsangan. Ereksi juga tanda kalau sistem reproduksi pria berfungsi dengan baik.

Kondisi Morning wood sebenarnya wajar terjadi dan sering kali dikaitkan dengan mimpi erotis atau kondisi kandung kemih yang penuh.

Namun, ada kalanya ereksi dapat terjadi adanya tanpa rangsangan dan terjadi tanpa sadar saat bangun tidur. Ada beberapa penyebam yang dapat membuat kondisi ini terjadi pada pria.

BACA JUGA:Waspada, Ini Gejala HIV Pada Pria, Segera Cek ke Dokter Bila Mengalami

Berikut beberapa penyebab terjadinya Morning wood.

1. Fase tidur REM

Penyebab pertama adalah berkaitan dengan waktu tidur REM (rapid eye movement). Fase tidur REM memengaruhi kerja saraf yang meningkatkan aliran darah ke penis, sehingga ereksi dapat terjadi.

Jumlah fase REM pada setiap orang berbeda-beda. seseorang biasanya mengalami  4 atau 5 tidur REM saat malam har.

Nah saat bangun biasanya pria masih berada dalam fase REM, itulah yang menyebabkan terjadinya ereksi di pagi hari.

BACA JUGA:Ternyata Ini 10 Makanan Penyubur Sperma, Bisa Buat Istri Cepat Hamil

2. Kadar testoteron yang meningkat

Penyebab selanjutnya adalah meningkatnya kadar hormon testosteron yang menyebabkan morning wood bahkan tanpa adanya rangsangan fisik.

Kadar hormon seksual pria ini naik turun ketika tidur dan mencapai kadar paling tinggi saat bangun tidur. Hal inilah yang membuat penis ereksi ketika bangun tidur.

3. Penuhnya kandung kemih

Kategori :