Minyak Goreng Curah Dibatasi Pembeliannya, Simak Aturan Baru Kemendag Lainnya

Sabtu 18-02-2023,13:30 WIB
Reporter : David Karnain
Editor : David Karnain

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Pemerintah melalui kementerian perdagangan atau Kemendag kini membatasi pembelian minyak goreng curah untuk per orang hanya 10 kilogram atau kg per harinya.

Aturan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Nomor 03 Tahun 2023 tentang Pedoman Penjualan Minyak Goreng Rakyat.

Selain pembatasan pembelian minyak goreng curah, Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan atau Kemendag dalam surat edaran tersebut juga mengatur hal lainnya terkait minyak goreng curah.

Dalam surat edaran dari Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (kemendag) itu, setiap orang hanya boleh beli minyak goreng curah 10 kilogram  atau kg perhari.

BACA JUGA:Lonjakan Harga Bahan Pokok, Sekda: Stok Minyak Goreng Masih Aman di Palembang

Dikutip dari surat edaran atau SE Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan atau Kemendag, Sabtu 18 Februari 2023 menyebutkan penjualan minyak goreng rakyat oleh pengecer kepada konsumen paling banyak 10 kg per orang per hari (untuk minyak goreng curah).

Aturan lainnya dalam SE Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan atau Kemendag adalah penjualan minyak goreng rakyat harus mematuhi harga Domestic Price Obligation atau DPO dan HET atau Harga Eceran Tertinggi.

Selain itu, penjualan minyak goreng rakyat dilarang menggunakan mekanisme bundling dengan produk lainnya dalam SE Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan atau Kemendag.

Plt Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kasan dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu 18 Februari 2023 mengatakan semua pihak harus mematuhi pedoman penjualan minyak goreng rakyat ini.

BACA JUGA:Harga Sembako Naik Terus, Minyak Goreng Kemasan Mendominasi

Ia menjelaskan SE tersebut (Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan) dikeluarkan untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga minyak goreng rakyat.

Dan juga, sambung Kasan, sekaligus memastikan kembali HET minyak goreng kemasan sederhana tetap Rp 14.000 per liter dan minyak curah Rp 15.500 per kilogram.

Langkah Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan atau Kemendag juga diambil untuk memastikan stok untuk konsumen jelang menyambut bulan suci ramadhan di Maret mendatang 

"Kemendag memastikan ketersediaan minyak goreng menjelang puasa dan Lebaran aman,"jelas dia. 

BACA JUGA:Aplikasi PeduliLindungi Tidak Sakti, Beli Minyak Goreng Curah Malah Makin Susah

Kategori :