Festival Ahmad Dahlan Warnai Pra Musda Muhammadiyah ke-14 dan Aisyiyah ke-13 Palembang

Senin 23-01-2023,17:07 WIB
Reporter : Agustinur Pratiwi
Editor : Susi Yenuari

PALEMBANG,RADARPALEMBANG.COM - Musyawarah Daerah (Musda) Muhammadiyah ke-14 dan Aisyiyah ke- 13 Kota Palembang, akan berlangsung pada bulan Maret 2023 mendatang.

Dalam rangka mendukung acara pra musda tersebut,  Muhammadiyah Bukit Kecil di Jalan Merdeka Komplek Muhammadiyah Talang Semut Kecamatan Bukit Kecil terpilih sebagai panitia pendukung acara.

Acara Pra Musda ini dinamakan Festival Ahmad Dahlan. Pada acara festival ini akan diadakan berbagai macam lomba dalam waktu sepekan, mulai hari Senin hingga Sabtu, 28 Januari 2023.

Pantauan radarpalembang. com di lokasi kegiatan, acara berlangsung meriah dan ramai dengan kehadiran pelajar di lingkungan Muhammadiyah yang tersebar di kota Palembang.

BACA JUGA:Penampilan Terbaru Plaza Pasar 16 Ilir Palembang Pusat Perdagangan Terbesar di Sumbagsel Makin Indah Menawan

Mulai dari tingkat Siswa TK Aisyiyah, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), MTS, SMA dan MA.

Acara dibuka dengan Upacara Pembukaan Pra Musda Muhammadiyah ke-14 dan Aisyiyah ke-13 bertempat di halaman SMA Muhammadiyah 2 Palembang.

Nining selaku Sekretaris acara Festival Ahmad Dahlan mengatakan, ada berbagai macam lomba yang diadakan ISMUBA QURIS ( MTQ, Tahfidz, Da'i, Adzan, Memandikan Jenazah).

ISMUBA QURIS itu sendiri merupakan ciri Khas dari Muhammadiyah. Selain lomba tadi, ada juga lomba umum seperti Paduan Suara, Tapak Suci, Hizbul Wathan, Futsal, LTTB.

BACA JUGA:Kulit Wajah Bermasalah, Coba Serum Ini di Naavagreen Plus Dijamin Kinclong

"Karena Aisyiyah membawahi Taman Kanak-Kanak (TK) jadi dilibatkan juga untuk mengikuti perlombaan yakni mewarnai individu dan bacaan sholat berjamaah secara berkelompok terdiri dari 5 orang,"jelas Nining. 

Untuk jumlah peserta, sambungnya, hampir mencapai 2.000 peserta. "Lomba hari ini khusus ISMUBA QURIS, mewarnai, bacaan sholat berjemaah dan paduan suara. Untuk Selasa ada lomba Tapak Suci.

Rabu lomba Hizbul Wathan (HW) ciri khas Muhammadiyah atau lebih dikenal dengan pramuka meliputi LTBB yang jurinya dari TNI dan HW itu sendiri. Lalu Kamis s.d Jum'at ada lomba Futsal. Pengumumannya Sabtu,"urainya lagi. 

Adapun tema yang diambil dari Panitia Inti Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Muhammadiyah Bukit Kecil sebagai Penunjang adalah Memajukan Palembang dan Memajukan Sumatera Selatan. 

BACA JUGA:Spesifikasi dan Harga Jual Honda V-Go di Indonesia 2023, Si Imut Canggih Asal China

Festival Ahmad Dahlan ini untuk Syiar Agama dimana menggaungkan Musyawarah Daerah (MUSDA), dan menjalin silaturahmi antar sekolah.

"Biasanya kita adakan tiap tahun untuk lingkup SMA saja. Tahun ini kita ikutsertakan semua mulai dari TK, SD, SMP, Mts, SMA, dan MA. Selain juga sebagai ajang promosi untuk Tahun Ajaran Baru pada Juli nanti,"lanjut Nining. 

Salah seorang wali murid SMA Muhammadiyah 1, yang mengantarkan anaknya mengikuti festival Ahmad Dahlan ini mengaku anaknya selalu aktif ikut lomba.

"Sudah 2 tahun ikut terus lomba. Sangat senang, karena apapun bakat anak pasti didukung. Kegiatan ini bisa jadi ajang silaturahmi bertemu dengan wali murid lainnya,"ujanya saat dimintakan komentar festival tersebut. 

 

 

Kategori :