Kajian Buya Yahya Tentang Keutamaan dan Amalan Pada Hari Jumat, Waktu Mustajab Minta Pertolongan Allah

Jumat 20-01-2023,05:00 WIB
Editor : Yurdi Yasri

PALEMBANG, RADAR PALEMBANG.COM – Hari Jumat banyak menyimpan rahasia dibandingkan hari-hari lainnya. Beberapa rahasia itu terbongkar dalam kajian Buya Yahya tentang keutamaan dan amalan pada hari Jumat. 

Keutamaan hari Jumat tersebut  karena banyak peristiwa hingga limpahan karunia dari Allah SWT. Umat Islam disunnahkan untuk  memperbanyak bersholawat . 

 ‘’Hari jumat adalah hari yang paling mulia.  Rasulullah SAW bersabda, perbanyaklah engkau bersholawat kepada ku (Nabi Muhammad SAW) dihari itu," jelas Buya Yahya, dikutip dari Al-Bahjah TV. 

Menurut Buya Yahya, amalan bacaan Sholawat untuk dihadirkan atau disodorkan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA:Kajian Buya Yahya Terbaru Tentang Tindakan Aborsi, Hukumnya Boleh Tapi Syaratnya Amat Ketat

"Nabi berbangga dengan Sholawat kita. Nabi berbangga kepada Nabi lain. Nabi berbangga kepada Ummat," tambah Buya Yahya.

Allah mengistimewakan hari Jumat tanda-tandanya adalah, diwajibkan bagi umat Muslim untuk melakukanshalat Jumat.  Kekhusan yang diberikan kepada kaum muslim ini tertuang dalam surat Al Jumuah ayat 9:

‘’Wahai orang-orang yang beriman, apabila (seruan) untuk melaksanakan salat pada hari Jumat telah dikumandangkan, segeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.’’

Kalimat 'bersegeralah' pada ayat di atas adalah berbunyi seperti ini,  ' Wahai Bani Adam, hendaklah kalian berupaya dengan hati dan tindakan untuk segera berjalan menuju shalat Jumat. 

BACA JUGA:Penguras Rekning Bank Rp 12 Miliar Dengan APK Modifikasi Ditangkap Bareskrim Polri, Ada dari Palembang

Menukil dari Republika.co.id, umat Islam adalah urutan terdepan yang akan diputuskan perkaranya sebelum seluruh makhluk.  Hudzaifah al - Yamani menuturkan : " Rasulullah s.a.w. bersabda;

‘’Allah telah memalingkan orang - orang sebelum kita untuk men jadikan hari Jumat sebagai Hari Raya mereka. Oleh karena itu Hari Raya orang Yahudi adalah hari Sabtu, dan Hari Raya orang Nasrani adalah hari Ahad. Kemudian Allah memberikan bimbingan kepada kita untuk menjadikan hari Jumat sebagai Hari Raya, sehingga Allah menjadikan Hari Raya secara berurutan, yaitu hari Jumat, Sabtu, dan Ahad. Dan di Hari Kiamat mereka pun akan mengikuti kita seperti urutan tersebut, walaupun di dunia kita adalah penghuni yang terakhir, namun di Hari Kiamat nanti kita adalah urutan terdepan yang akan diputuskan perkaranya sebelum seluruh makhluk. (HR Muslim 2/586, Nasa`i 3/87, Ibnu Majah 1/344 ).’’

Berikut adalah, sejumlah amalan yang baik dilakukan pada hari Jumat:

1. Amalan Membaca Salawat

BACA JUGA:Kontroversi Tuntutan Berat Jaksa kepada Justice Collaborator Richard Eliezer, Mencuat Tim Bawah Tanah Sambo

Kategori :