Unik Supporter Jepang Bersihkan Sampah Usai Laga Jepang Vs Jerman

Jumat 25-11-2022,10:58 WIB
Reporter : Fedri H
Editor : Maulana Muhammad

QATAR, RADAR PALEMBANG - Selalu rajin membersihkan sampah, sebutan ini cocok buat supporter Jepang yang sering terlihat rajin membersihkan sisa sampah bila selesai menonton timnas kesayangan mereka bertanding.

Pasalnya bukan hanya kali ini setelah pertandingan Jepang kontra Jerman dengan kemenangan untuk Jepang, pada sebelum-sebelumnya sopprter Jepang juga terlihat membersihkan sampah stadion.

Yakni saat pertadingan timnas kontra Belgia di Piala Dunia Rusia pada tahun 2018 dengan hasil akhir kekalahan timnas mereka dengan skor 3-2.

Bahkan dengan hasil kekalahan tersebut tidak membuat supporter Jepang tersebut meluapkan kemarahan, mereka justru melakukan aksi bersih-bersih sampah stadion tersebut.

BACA JUGA:1000 Orang Jadi Mualaf Usai Pembukaan Piala Dunia Qatar 2022

Kemudian pada minggu lalu Piala dunia 2022 saat pertandingan mempertemuan Qatar kontra Ekuador di stadion Al Bayt, Suppoerter Jepang yang ikut menonton di stadion terlihat kembali melakukan aksi bersih-bersih tersebut.

Mereka terlihat ikut membantu petugas kebersihan stadion dalam membersihkan sisa-sisa plastik dan makanan yang tersisa dari supporter pertandingan tersebut, walaupun yang bertanding bukan dari timnas negara mereka.

Tentu tidak akan terlupakan momen saat Jepang kontra Jerman yang bermain di stadion Khalifa Internasional pada Rabu tanggal 23 November 2022 yang hasilnya mengejutkan penggermar bola diseluruh dunia, Jepang yang tidak lebih diunggulkan dari rivalnya justru memberikan kejutan dengan berhasil menjegal tim panser tersebut dengan skor akhir 2-1. 

Dengan kemenangan wakil Asia di Piala Dunia itu tentu sangat mengejutkan, dan para suporter Jepang bisa saja merayakannya dengan meriah di sana, namun yang terjadi mereka malah memilih untuk memberikan contoh perilaku yang baik dan merupakan kebiasaan yang telah tertanam pada diri mereka bahakan apa pun situasinya.

BACA JUGA:Tim Samurai Jepang Berhasil Permalukan Jerman 2-1 Dilaga Pembuka Grup E, Piala Dunia Qatar 2022

Terlihat para suporter Jepang bertahan di tribun penonton beberapa waktu di Stadion Khalifa Internasional menunggu untuk membersihkan sampah-sampah yang ada berserakan di tribun penonton pasca pertandingan selesai.

Para supporter Jepang tersebut membawa kantong plastik sampah menuju tribun penonton untuk mengumpulkan botol-botol kosong hingga makanan sisa buat didaur ulang atau dibuang.

Bahkan sebelum pertandingan berlangsung suporter Jepang telah membagi-bagi ratusan plastik sampah berwarna biru yang dapat dipakai untuk mengumpulkan sampah yang berserakan di tribun penonton.

Untuk diketahui, bahwa di masyarakat Jepang telah ditanamkan sejak usia dini untuk selalu menjaga kebersihan.

BACA JUGA:Cetak Sejarah, Jungkook BTS Artis Korea Pertama Buka Piala Dunia 2022

Kategori :