W20 SISPRENEUR Berkomitmen Bantu UMKM Perempuan Terus Berkembang

Jumat 21-10-2022,11:21 WIB
Reporter : David Karnain
Editor : Maulana Muhammad

Sebelum mengikuti program ini, Yuliana mengaku kesulitan menentukan positioning brand “Markonah” yang dibangunnya. Bahkan dia juga tidak punya rencana kerja sistematis untuk dapat mencapai target setiap tahunnya.

Melalui inkubasi dan advisory yang sangat intensif di program W20 SISPRENEUR, kini dia mampu menggali lebih dalam tentang tujuan bisnis dan cara dalam mencapai serta meningkatkan kapasitas diri untuk memiliki daya saing global dan rasa percaya diri.

"Hadiah modal usaha Rp 40 juta akan saya gunakan untuk membuat koleksi baru agar dapat menambah pilihan varian produk yang lebih banyak.

Selain itu, juga untuk meningkatkan iklan di media sosial dengan target market yang lebih luas," papar Yuliana.

BACA JUGA:Menparekraf Puji Teh Ramah Lingkungan UMKM Binaan Kilang Pertamina Plaju Jadi Souvenir G20

Berikut daftar UMKM perempuan yang berhasil menjadi pemenang pada program W20 SISPRENEUR 2022, pertama Dian Rizki Hidayat, asal dari Bandar Lampung, jenis usaha mainan edukasi anak.

Kedua, Thekla Odelia Caramia, asal dari Jakarta Timur, jenis usaha fashion. Ketiga, Yuiana Aqni, asal dari Kota Salatiga, jenis usaha fashion. Keempat, Nirwana, asal dari Sidoarjo, jenis usaha bergerak di industri kreatif.

Kelima, Nuqtoh Mutingatun, asal dari Garut, jenis usaha fashion. Keenam, Dhea Ayu Andira L, asal dari Bali, jenis usaha peternakan. Ketujuh, Fathimah Himmatina, asal dari Depok, jenis usaha peternakan.

Kedelapan, Nani Nurhasanah, asal dari Tasikmalaya, jenis usaha jasa pendidikan. Kesembilan, Ani Puspitasari, asal dari Sidoarjo, jenis usaha pengolahan makanan dan minuman. Kesepuluh, Shinta Paramarti, asal dari Jakarta, jenis usaha fashion.

BACA JUGA:Dukung Pengembangan Pariwisata Lokal, Adira Finance Ajak Komunitas Motor ke Desa Wisata

Chair W20 Indonesia, Hadriani Uli Silalahi, mengungkapkan, kegiatan ini merupakan simbol keberhasilan bagi kita semua.

Saya sangat bangga dan senang karena W20 Indonesia dengan sukses mencetak sejarah di antara kepemimpinan W20 dengan melaksanakan program inkubasi yang memberi manfaat kepada UMKM perempuan di Indonesia.

"W20 SISPRENEUR merupakan kebanggaan dari kami, sekaligus salah satu contoh best practice program kolaborasi multi stakeholder yang menjadi platform percepatan pemberdayaan ekonomi perempuan,"kata dia.

UMKM memiliki peran sangat penting dalam perekonomian nasional sekaligus menjadi tulang punggung ekonomi rumah tangga. Sekitar 60 persen UMKM itu diinisiasi atau dijalankan oleh kaum perempuan.

BACA JUGA:Kembangkan Pariwisata, Adira Finance Gelar Festival Kreatif Lokal 2022 di Desa Wisata

"Hal tersebut sejalan dengan salah satu isu prioritas yang diangkat W20, yaitu, mendukung UMKM yang dimiliki dan dikelola perempuan," ujar dia.

Kategori :