Menparekraf Puji Teh Ramah Lingkungan UMKM Binaan Kilang Pertamina Plaju Jadi Souvenir G20

Menparekraf Puji Teh Ramah Lingkungan  UMKM Binaan Kilang Pertamina Plaju Jadi Souvenir G20

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno SAAT melihat produk teh herbal dari Jamiah Rizqi Herbal, UMKM binaan CSR PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju (Kilang Pertamina Plaju) di Palembang.--

PALEMBANG, RADAR PALEMBANG - Produk mitra binaan kembali mendapat perhatian dari berbagai pihak. Kali ini, giliran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno memuji produk teh herbal dari Jamiah Rizqi Herbal, UMKM binaan CSR PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju (Kilang Pertamina Plaju) di Palembang.

"Terima kasih atas dukungannya untuk G20. Teruslah berkarya," ujarnya usai kegiatan Sarasehan Pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) Kota Palembang.

Seperti diketahui, produk teh herbal produksi Jamiah Rizqi Herbal menjadi produk souvenir G20 di Nusa Dua, Bali akhir Agustus lalu. 

Menurut Sandiaga, potensi ekonomi kreatif Indonesia begitu besar. Apalagi, posisi ekonomi kreatif Indonesia berada di peringkat ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan.

BACA JUGA:Agar Naik Kelas Pertamina Himbau UMK Untuk Gunakan Teknologi Tepat Guna

Berdasarkan data Kemenparekraf pada 2019 subsektor unggulan dari 17 subsektor ekonomi kreatif yang ada yaitu kriya, kuliner dan fesyen.

Ditambahkan Sandiaga, untuk memajukan ekonomi kreatif haruslah inovatif, adaptif dan kolaboratif. Pelaku ekonomi kreatif juga diminta untuk mengaplikasikan 3G yakni Gercep (gerak cepat) Geber (gerak bersama atau bergandengan tangan) dan gaspol (garap semua potensi online) termasuk menggunakan pembayaran online. 

"Jangan banyak bicara yang tidak perlu, berani ambil risiko dan luaskan jaringan. Ambil kesempatan agar bisa menjadi besar apalagi Indonesia terlibat dalam KTT G20," imbuh Sandiaga.

Sementara, Walikota Palembang Harnojoyo menyebut saat ini di Palembang ada 12.300 pekerja kreatif dari 17 sub sektor kreatif. Adapun pelaku UMKM sebanyak 101.903 yang tersebar di 18 kecamatan. "Kami akan terus berupaya mendorong dan mendukung pengembangan UMKM di Palembang," ujarnya.

BACA JUGA:Klaim Efisien Operasional Kilang Pertamina Rendah

Apresiasi luar biasa ia sampaikan untuk Kilang Pertamina Plaju yang telah mendukung penuh perkembangan UMKM binaan.

“Terimakasih yang luar biasa kepada Pertamina atas dukungan kepada usaha kecil menengah yang menjadi mitra binaannya, mudah-mudahan ini menjadi tauladan bagi perusahaan lain,” tuturnya usai mampir dan melihat-lihat stan UMKM binaan Kilang Pertamina Plaju.

Ia bangga dengan produk Jamiah Rizqi Herbal yang berasal dari Palembang bahkan menjadi salah satu souvenir di rangkaian acara G20 di Bali.

Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Plaju, Siti Rachmi Indahsari, menambahkan, perusahaan berkomitmen untuk melakukan dan pengembangan UMKM mitra binaan. 

Sumber: