Game Origin dari Electronic Arts Sudah Bisa Diakses Lagi, Sudah Daftar di PSE Kemenkoinfo

Sabtu 06-08-2022,15:52 WIB
Editor : Yurdi Yasri

RADAR PALEMBANG -  Game Origin.com bisa diakses lagi setelah Electronic Arts (EA) sebagai distributor mendaftar di Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Sebelumnya pemerintah memalui Kemenkoinfo memblokir situs origin.com karena terdaftar di PSE.   EA mendaftarkan Game Origin.com pada Kamis, 4 Agustus 2022, lalu.  

Setelah memenuhi proses administrasi pendaftaran, akhirnya Kemenkoinfo membuka kembali blokir situs Game Origin.Com.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkoinfo), Johny G Plate, sebelumnya ada 2 platform game yang diblokir karena belum terdaftar di PSU, yaitu   Origin dan Epic Games kare.

Kini Game Origin sudah bisa   diakses   lagi setelah terdaftar PSE sedangkan Epic Games yang masih terkena blokir.

BACA JUGA:Sejak Tayang Perdana Penonton Film Pengabdi Setan 2:Communion Sudah Mencapai 1 Juta

Menurut Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan Kementeriannya terpaksa masih memblokir platform tersebut. Johnny juga meminta Epic Games untuk segera mendaftar ke PSE kemenkoinfo.

 “Saat ini sudah terjalin komunikasi dengan PSE tersebut. Mudah-mudahan pendaftarannya bisa segera dilakukan sehingga pembukaan blokir juga bisa dibuka lebih cepat. Namun jika tidak, ya blokirnya enggak bisa dibuka,” ujar dia di kantornya, Jakarta Pusat belum lama ini.

Politikus Partai Nasdem ini mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kedutaan besar negara tempat kantor pusat Epic Games berada. Dia juga menyebut kalau komunikasi itu berlangsung sangat kooperatif dan baik.

Johnny menduga Epic Games belum melakukan registrasi ke Kominfo sebagai PSE karena tak mengetahui aturan teranyar yang berlaku di Indonesia. Dia juga mengaku sudah menginformasikan kepada manajemen perusahaan bahwa entitas tersebut perlu melakukan pendaftaran sesuai dengan peraturan yang berlaku di Tanah Air.

BACA JUGA:Alasan Ria Ricis Sisipkan Unsur Laut Pada Nama Anaknya

“Kami meminta Epic Games untuk segera mendaftar, mungkin mereka belum tahu karena berada di luar negeri. Persyaratan pendaftarannya cukup ringan, dilakukan secara online, dengan kewajiban-kewajiban termasuk perlindungan data pribadi pengguna. Jika mengalami kendala teknis, kami siap membantu, kalau mereka berkehendak untuk mendaftar,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, Epic Games di Indonesia cukup terkenal dengan beberapa games besutannya yakni Fortnite. Dengan pemblokiran ini, selain Fortnite jelas beberapa gamers mengalami kesulitan saat mengakses platform distribusi Epic Games itu.

“Proses registrasi itu salah satunya bertujuan untuk melindungi data pribadi pelanggan. Jadi ayo segera mendaftar,” tandas Johnny.

Review MU Origin 2

Pada MU Origin 2, penikmat game dapat mengontrol karakternya dengan visual joystick yang berada di sisi bawah kiri. Sedangkan tombol skill dan normal attack berapa di sisi kanan bawah.

BACA JUGA:Gembira Sambut Kejuaraan Nasional Wushu Piala Presiden

Selain pengaturan kontrol karakter beserta tombol skill, pada menu di bagian atas ada beberapa fitur yang dapat kamu coba-coba.

Kebanyak fitur di bagian atas adalah fitur event   yang merupakan hadiah in-game. Selain itu, penikmat game   dapat melihat minimap yang berfungsi mengetahui keberadaan saat itu, serta mengetahui apa yang berada di sekitarnya.

Beralih ke sisi atas pojok kiri , ada fitur karakter yang berfungsi menaikan status pemain. Ada juga fitur Wings, fitur yang cukup iconic pada game ini.

Untuk mode permainannya sendiri bermacam-macam. Seperti Arena, Event serta dungeon battle. Setiap arena memiliki tempat sendiri dan dapat dengan mudah menuju ke tempat tersebut.

BACA JUGA:Sutradara Film Batgirl Ungkap Kesedihan Setelah Warner Bros Discovery Batalkan Penayangannya

Tidak seperti game MMORPG kebanyak, MU ORIGIN 2 memiliki fitur stand by. Penikmat game dapat auto fighting, tanpa takut kehilangan daya baterai kamu terlalu banyak.

Selain itu untuk membuat game lebih menarik, WEBZEN sendiri membatasi para pemain perharinya untuk memasuki event serta dungeon. Ini bertujuan agar pemain dapat menikmati fitur-fitur yang ada selain fitur tersebut.

MU ORIGIN 2 juga mengadaptasi sistem pertarungan dan travel secara otomatis. Dengan hanya satu sentuhan jari, pemain dapat membuat karakter dan melakukan perjalanan ke tempat-tempat lain.

Untuk mode permainannya sendiri bermacam-macam yang bisa ditemui, seperti Arena, Event serta dungeon battle. Setiap arena memiliki tempat sendiri.

Tidak seperti game MMORPG kebanyak, MU ORIGIN 2 memiliki fitur stand by. Pemain dapat auto fighting, tanpa takut kehilangan daya baterai terlalu banyak.

Selain itu untuk membuat game lebih menarik, WEBZEN sendiri membatasi para pemain perharinya untuk memasuki event serta dungeon. Ini bertujuan, agar pemain dapat menikmati fitur-fitur yang ada selain fitur tersebut. (yui/jp)

Kategori :