Pekan Adat Sumsel Hadir di PTC Mall

Jumat 05-08-2022,19:43 WIB
Reporter : heni effendi

RADAR PALEMBANG – Salah satu upaya pemerintah daerah untuk menjaga dan memperkenalkan adat istiadat serta budaya Sumatera Selatan digelar rangkaian Pekan Adat Sumatera Selatan ke-3  Tahun 2022 yang diselenggarakan di Main Atrium Palembang Trade Center (PTC) Mall mulai dari tanggal 5 - 7 Agustus 2022.

“Melalui adat istiadat inilah untuk  membina karakter kita kebersamaan membangun ekonomi, budaya, dan membangun semuanya, termasuk membangun persatuan dan kesatuan dalam menjaga kehidupan kita ke depan,” tutur Wakil Gubernur Sumsel, H Mawardi Yahya usai membuka secara resmi Pekan Adat Sumsel ke-3.

Dengan adanya kegiatan positif ini  lanjutnya, masyarakat dapat saling mengenal budaya masing-masing, ada nilai ekonomi, dan ada minat dari provinsi lain untuk datang ke Palembang,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini juga dihadirkan Palembang Fashion Walk dengan menampilkan para model dengan mengenakan pakaian adat istiadat Sumsel dan provinsi lainnya seperti Sumatera Utara, Bali, NTT, Sulawesi Selatan, dan lainnya.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel, Dr Hj Megawati ST MT mengatakan, kegiatan ini untuk mengenalkan Sumsel karena ada banyak adat dan tradisi Sumsel yang perlu dikenalkan karena mungkin banyak yang tidak tahu kalau adat ini ada dan sangat kaya. 

Apalagi bagi kalangan anak muda mungkin masih sangat asing dengan adat dan tradisi ini, padahal menurut dia hal ini sangatlah penting sehingga milenial jangan cuma tahu budaya internasional saja, namun  harus tahu juga budaya dan tradisi asli milik sendiri.

“Budaya Sumsel itu banyak ya, mulai dari pantun, Dulmuluk, penulisan bahasa Palembang, wayang, permainan tradisional dan juga banyak talkshow budaya yang bagus untuk disimak dan menambah wawasan,” ucapnya.

Vice General Manager PTC Mall, Felice, menambahkan, kegiatan Palembang Fashion Walk merupakan kali ketiga digelar dan semakin menarik karena bertepatan dengan Sriwijaya Travel Fair dan Pekan Adat Sumsel ke-3.

“Ada Pekan Adat Sumsel ke-3 yang digelar di Main Atrium PTC hingga tanggal 7 Agustus nanti setelah sebelumnya digelar di Museum Balaputra Dewa tanggal 2 - 4 Agustus. 

Berhubung momen Agustus, jadi kita juga mengajak partisipasi tenan yang ikut Sriwijaya Travel Fair untuk ikut fashion walk PTC karena ini keren karena ada pakaian adat daerah se-Sumsel dan luar Sumsel,” ucapnya.

Pihaknya juga berharap dengan adanya kegiatan ini pariwisata dapat meningkat kembali dengan kondisi saat ini yang sudah mulai membaik. 

“Baik di dalam maupun luar Palembang, baik ekonomi maupun pariwisata  semua dapat berjalan dengan baik,” tutupnya. (hen)

Kategori :