Sebagai informasi pada 29 Juli 2022, Bank Mandiri meresmikan 241 Smart Branch by Mandiri tersebar di 89 kota/kabupaten dan 29 provinsi secara serentak.
Dengan inovasi ini diharapkan seluruh nasabah dan masyarakat Indonesia dapat merasakan pengalaman perbankan baru, bukan hanya di Ibukota tetapi juga di seluruh wilayah Indonesia, serta mampu memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi, karena Bank Mandiri peduli dan selalu hadir di dekat nasabah.
Perkuat Kapasitas SDM
Dalam mendukung digitalisasi, Bank Mandiri secara konsisten turut melakukan pengembangan karir sumber daya manusia (SDM) lewat program “Mandirian Siap Jadi Digital”.
Riduan menjelaskan, hal tersebut sejak awal telah menjadi strategi bisnis perusahaan. "Dalam menyiapkan SDM agar tetap relevan, Bank Mandiri mengutamakan prinsip No One Left Behind atau tidak ada peran dari Mandirian yang terpinggirkan. Karena kami meyakini, kualitas SDM yang adaptif dengan gerakan bersama dari seluruh Mandirian merupakan kunci keberhasilan transformasi digital dan keberlangsungan bisnis Bank Mandiri ke depan," terangnya.
Lebih lanjut, dalam roadmap transformasi digital Bank Mandiri, pengembangan SDM atau Mandirian telah menjadi fokus utama perseroan.
Secara bertahap, Bank Mandiri telah menyiapkan Strategic Workforce Program (SWP) berupa upskilling maupun reskilling kepada Mandirian, mulai dari tenaga-tenaga garda terdepan (frontliner) seperti di cabang hingga back office untuk dapat beradaptasi dengan cepat pada peran baru yang dijalankan, sehingga tidak ada pengurangan pegawai sama sekali.
Sebagai contoh, customer service dan teller diberikan pelatihan dan pendidikan untuk membentuk kemampuan baru dengan menjadi General Banker agar dapat dengan fasih menjelaskan fitur atau fasilitas di Smart Branch by Mandiri.