Kepindahan Marquez Jadi Sebab Repsol Tinggalkan Honda di MotoGP?

Kepindahan Marquez Jadi Sebab Repsol Tinggalkan Honda di MotoGP?

Kepindahan Marc Marquez ke tim pabrikan ke tim satelit Gresini Racing diduga jadi penyebab Repsol tinggalkan Honda di MotorGP--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID - Kepindahan Marc Marquez ke tim pabrikan ke tim satelit Gresini Racing diduga jadi penyebab Repsol tinggalkan Honda di MotorGP.

Diketahui Repsol tak lagi jadi sponsor Honda Racing Corporation (HRC) diajang MotoGP mulai musim depan. Lantas apa yang menjadi penyebab Repsol enggan untuk memperpanjang kontraknya dengan Honda?

Seperti diketahui setelah 30 tahun berkolaborasi bersama akhirya Honda Racing Corporation (HRC) mengumumkan kerjasamanya dengan Repsol berakhir di akhir musim 2024.

Honda dan Repsol sepakat berpisah meski kedua merek tersebut telah menelurkan banyak prestasi di kelas MotoGP.

BACA JUGA:Usai 3 Dekade Bersama, Repsol Cabut Tinggalkan Honda di MotoGP

BACA JUGA:Marc Marquez Gagal Finish di MotoGP Valencia 2023, Usai Terpelanting Ditabrak Jorge Martin

"Setelah 30 tahun berkolaborasi di ajang balap motor tingkat tertinggi, Honda Racing Corporation dan Repsol akan berpisah setelah kejuaraan MotoGP 2024," tulis Honda dalam keterangan resminya.

Kolaborasi antara keduanya dimulai sejak tahun 1995. Logo Repsol kala itu menghiasi motor Honda NSR500. Tak butuh waktu lama, keduanya langsung sukses dan memenangkan balap motor di kelas premier tersebut.

Selama 3 dekade berikutnya kolaborasi antara HRC dan Repsol telah menghasilkan 15 gelar juara dunia kelas primer, 10 gelar juara tim kelas primer, 183 kemenangan kelas primer, dan 455 podium kelas primer.

"Honda HRC mendoakan yang terbaik untuk Repsol dalam bisnis dan olahraga mereka di masa depan," lanjut Honda lagi.

BACA JUGA:Astra Motor Sumsel Rilis Harga Honda PCX160 OTR Palembang per September 2024, Cek di Sini Selengkapnya

BACA JUGA:AHM Prediksi Penjualan Motor Honda di 2024 Mendekati Angka 5 Juta Unit, Ini Hitung-hitungannya

Sebelumnya, kabar Repsol berpisah dengan Honda sudah mencuat sejak awal Juni 2024. Seperti diketahui performa Honda tengah melorot.

Dalam tiga tahun terakhir, Honda belum menang balapan lagi. Gelar juara terakhir Honda adalah lima tahun lalu, tepatnya pada tahun 2019. Kala itu Marc Marquez yang menjadi juaranya.

Sumber: