Cara Daftar QR Code BBM Bersubsidi, Buruan Belaku Mulai 1 Oktober 2024

Cara Daftar QR Code BBM Bersubsidi, Buruan Belaku Mulai 1 Oktober 2024

Cara daftar QR code BBM Bersubsidi yang dapat digunakan ketika untuk membeli Pertalite atau pun Biosolar ketika pembatasan sudah diterapkan 1 Oktober 2024--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID - Cara daftar QR code BBM Bersubsidi yang dapat digunakan ketika untuk membeli Pertalite atau pun Biosolar ketika pembatasan sudah diterapkan 1 Oktober 2024.

Untuk dapat tetap membeli BBM bersubsidi jenis Pertalite maupun Biosolar pada 1 Oktober 2024 mendatang masyarakat Indonesia disarankan segera mendaftar QR Code kendaraannya.

Hal ini pun merupakan bagian dari sosialisasi yang sudah dilakukan Pertamina Patra Niaga sejak awal Agustus 2024 lalu jelang pembatasan BBM bersubsidi pada 1 Oktober 2024 nanti.

Kepala Seksi Komunikasi Pertamina Patra Niaga Wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Taufiq Kurniawan mengatakan upaya ini merupakan salah satu bagian dari sosialisasi yang sudah dilakukan sejak awal Agustus.

BACA JUGA:Harga BBM nonsubsidi di Sumsel per 1 September 2024, Semuanya Turun, kecuali Pertamax Turbo Naik Rp 50

BACA JUGA:Wow! Ternayta Segini Konsumsi BBM Innova Zenix Hybrid, Buat Melongok Konsumen

"Pendaftaran itu terbuka di seluruh Indonesia sehingga kami ajak daftar secepatnya karena verifikasi untuk satu kendaraan itu kurang lebih tujuh hari," kata Kepala Seksi Komunikasi Pertamina Patra Niaga Wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Taufiq Kurniawan pada Rabu, 28 Agustus 2024 lalu. 

Penggunaan QR Code BBM Bersubsidi ini diberlakukan agar program subsidi yang diberikan oleh Pemerintah tepat sasaran. Hal ini sejalan dengan rencana pembatasan BBM bersubsidi, seperti yang diungkap Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia.

Dasar hukum penerapan aturan itu, kata Bahlil, berupa peraturan menteri (Permen) ESDM, bukan revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

"Memang ada rencana begitu (1 Oktober), karena begitu aturannya keluar, Permennya keluar, kan itu ada waktu sosialisasi," ujar Bahlil di Kompleks DPR RI pada Selasa, 27 Agustus 2024.

BACA JUGA:Konsumsi Harian BBM di Sumsel, Solar 1.932 KL dan Bensin 2.784, Hasil Tinjau Komut Pertamina Patra Niaga

BACA JUGA:Mobilnya Orang Kaya, Fortuner, Innova hingga Pajero Diminta Jangan Konsumsi BBM Bersubsidi, Ini Penjelasannya

Saat ini sudah ada 51.491 kendaraan roda empat yang mendapatkan QR Code Pertalite di Bali. Sementara yang mendaftar mencapai 157.288 kendaraan dan antrean terus berjalan.

Berikut Cara Daftar QR Code BBM Bersubsidi agar bisa digunakan untuk membeli Pertalite atau pun Biosolar. Pastikan peramban (browser) Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Safari yang digunakan adalah versi terbaru.

  • Kunjungi laman https://subsiditepat.mypertamina.id.
  • Tekan menu Daftar Akun Baru.
  • Centang dua kolom yang menyatakan pendaftar memahami penjelasan mengenai penggunaan BBM bersubsidi.
  • Ketuk tombol Daftar Sekarang.
  • Masukkan nama lengkap, nomor induk kependudukan (NIK), nomor ponsel, dan alamat surel (email).
  • Buat kata sandi, lalu tekan tombol Buat Akun.
  • Periksa kotak masuk email, lalu klik Aktivasi Email.
  • Masuk akun (login) ke halaman subsiditepat.mypertamina.id menggunakan NIK dan kata sandi yang telah didaftarkan.
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke email.
  • Lengkapi data diri, seperti tanggal lahir dan jenis kelamin.
  • Unggah foto e-KTP dengan format jpg, jpeg, atau png dengan ukuran maksimal 5 Mb.
  • Daftarkan kendaraan agar memperoleh BBM bersubsidi.
  • Unggah foto kendaraan dengan nomor polisi (nopol) atau pelat kendaraan yang terlihat jelas. Khusus kendaraan biosolar, wajib mengunggah foto STNK.
  • Selanjutnya, tunggu verifikasi data maksimal 14 hari.
  • Setelah kendaran terverifikasi, unduh atau cetak kode QR untuk dipindai (scan) saat membeli BBM bersubsidi, termasuk Pertalite. 

Sumber: