Kolaborasi UBD dan UPSI Gelar Diskusi South Sumatera Flood Forecasting

Kolaborasi UBD dan UPSI Gelar Diskusi South Sumatera Flood Forecasting

Universitas Bina Darma (UBD) bersama Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia (UPSI) gelar diskusi mengenai South Sumatera Flood Forecasting untuk peningkatan penelitian mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (S2) dan Teknik Sipil (S2).-dok ubd-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID – Universitas Bina Darma (UBD) bersama Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia (UPSI) gelar diskusi mengenai South Sumatera Flood Forecasting untuk peningkatan penelitian mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (S2) dan Teknik Sipil (S2), 7 Agustus 2024

Diskusi  berlangsung secara hybrid session di  ruang Smart Class, Lantai 6 Gedung Boch. Rachman 1, kampus utama dan melalui zoom meeting.

Hadir Assoc. Prof. Dr. Moch Hairy Ibrahim perwakilan dari UPSI Malaysia sebagai keynote speaker, Prof. Ir. Nurly Gofar, MSCE., Ph.D dosen Teknik Sipil(S2) sebagai Keynote Speaker UBD, Rezky Saputra, M.Kom Dosen Teknik Informatika(S2) sebagai keynote Speaker UBD. Turut hadir pula Prof. Dr. Ir. Achmad Syarifudin, M. Sc.

Acara dibuka oleh Prof Edi Surya Negara, M.Kom, Wakil Rektor Bidang Riset Inovasi & Teknologi Universitas Bina Darma.

BACA JUGA:UBD Jalin Kerja Sama dengan SMK Muhammadiyah 1 Palembang

Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa kolaborasi antara riset teknologi dan teknik sipil sangat berperan penting bagi kelangsungan global khususnya dalam mengatasi permasalahan lingkungan. 

“Dengan adanya kegiatan ini semakin memudahkan kita untuk berkomitmen dalam dunia riset dan teknologi dan tentunya dengan adanya kegaitan seperti ini bisa menjadi forum diskusi dan kolaborasi yang bagus untuk ke depannya,” ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Dr. Usman Ependi, S.Kom., M.Kom, Kaprodi Teknik Informatika (S2), Dr. Firdaus, MT, Kaprodi Teknik Sipil (S2), Dr. Sulaiman Helmi, SE, MM, Kaprodi Manajemen (S2) dan para dekan Universitas Bina Darma. Acara ini dipandu oleh moderator Qoriani Widayati, S.E., M.Kom, Dosen Fakultas Vokasi UBD.

Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi MoU yang dilakukan antara Universitas Bina Darma dengan Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia yang dilaksanakan oleh 2 Prodi di Pascasarjana yaitu Program Studi Teknik Informatika (S2) dan Teknik Sipil (S2). 

BACA JUGA:Perpustakaan UBD Lakukan MoU dengan SMAN 2 Prabumulih

Kegiatan ini pula dihadiri pula oleh para peserta yaitu mahasiswa dari Prodi Teknik Informatika dan Teknik Sipil.

Dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh  Assoc. Prof. Dr. Moch Hairy Ibrahim dari UPSI Malaysia. Prof. Ir. Nurly Gofar, MSCE., Ph.D dan Rezky Saputra, M.Kom dari UBD. 

Pemaparan berisikan mengenai memberikan solusi-solusi peramasalam cuaca untuk mengatasi banjir khususnya di Sumatera Selatan dengan menggunakan teknologi-teknologi dan juga tingkat metode yang harus disesuaikan dengan peningkatan metode yang digunakan.

Dengan ini, UBD berkomitmen untuk semakin memberikan inovasi-inovasi terbaru dan terbaik untuk kedepannya. UBD semakin bersinergi untuk mengembangkan visi dan misi perguruan tinggi yang mampu berdaya saing internasional.

Sumber: