UBD Terpilih Kampus Terbaik di Sumsel 2024 Versi EduRank, UniRank, AppliedHE Asean, dan THE Impact Rankings

UBD Terpilih Kampus Terbaik di Sumsel 2024 Versi EduRank, UniRank, AppliedHE Asean, dan THE Impact Rankings

Universitas Bina Darma merupakan PTS terbaik di Sumatera Selatan versi EduRank 2024, UniRank 2024, AppliedHE Asean 2024, dan akhir-akhir ini Universitas Bina Darma berhasil menduduki peringkat ke-13 dalam ranking versi THE Impact Rankings 2024.-dok ubd-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Universitas Bina Darma merupakan PTS terbaik di Sumatera Selatan versi EduRank 2024, UniRank 2024, AppliedHE Asean 2024, dan akhir-akhir ini Universitas Bina Darma berhasil menduduki peringkat ke-13 dalam ranking versi THE Impact Rankings 2024.

Lembaga pemeringkatan AppliedHE kembali merilis peringkat Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di ASEAN. Dari 80 PTS, lebih dari 30 yang berasal dari Indonesia. 

Setiap tahun, AppliedHE merilis peringkat PTS terbaik dari Malaysia, Indonesia, Kamboja, Filipina, Thailand, Brunei, dan Singapura. Paling  membanggakan, Universitas Bina Darma terpilih menjadi peringkat ke-13 PTS Terbaik di Indonesia dengan total skor 56,25 versi AppliedHE 2024.

Saat ini, Universitas Bina Darma menduduki peringkat ke-120 terbaik di Indonesia versi UniRank. 

BACA JUGA:Mahasiswa UBD, Muhammad Mardiansyah Berhasil Lakukan Inovasi NutritionFit

UniRank adalah lembaga pemeringkatan universitas di dunia yang berlokasi di Australia. Pemeringkatan universitas terbaik ini mencakup universitas negeri maupun swasta. Kriteria pemeringkatan yang digunakan oleh UniRank ada tiga. 

Kriteria yang pertama yaitu universitas tersebut telah diakui dan terakreditasi oleh lembaga pendidikan tinggi Indonesia. Kriteria kedua yaitu universitas tersebut menawarkan setidaknya jenjang pendidikan S1, S2, dan S3. 

Kriteria ketiga yaitu universitas tersebut memberikan pembelajaran formal berupa pendidikan tradisional, tatap muka, atau daring. Universitas Bina Darma juga menduduki peringkat Top 13 Universitas di Palembang dan berhasil menduduki peringkat ke-3 berdasarkan versi EduRank.

Universitas Bina Darma juga berhasil menduduki peringkat ke-13 dalam ranking versi THE Impact Rankings 2024. Pemeringkatan dibuat melalui penilaian tiga SDGs terbaik dan 1 SDGs lainnya dari masing-masing kampus, sehingga setiap universitas akan memiliki skor berdasarkan SDGs yang berbeda-beda. 

BACA JUGA:Dosen UBD Ikuti Bimtek PKM yang Digelar LLDIKTI Wilayah II

Prestasi UBD Palembang dalam THE Impact Rankings 2024 merupakan bukti nyata bahwa universitas ini tidak hanya mengejar keunggulan akademik, tetapi juga berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Rektor UBD Palembang, Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M., mengungkapkan rasa bangga dan syukurnya atas pencapaian ini. 

“Ini adalah hasil kerja keras seluruh civitas akademika UBD. Kami akan terus meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian, serta memperluas jangkauan pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya.

Dengan semangat untuk terus berkembang, UBD Palembang berkomitmen untuk menjadi pionir dalam inovasi pendidikan. Universitas Bina Darma terus berupaya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan inspiratif bagi mahasiswa, serta mendorong dosen dan peneliti untuk menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat.

Sumber: