Pantas Enak, Begini Pengolahan Ayam Asap di Dapoer Bella Palembang

Pantas Enak, Begini Pengolahan Ayam Asap di Dapoer Bella Palembang

Dapoer Bella, yang dulu lebih dikenal dengan Caramel Coffee & Resto, ternyata menyediakan ayam asap termasuk bebek asap dalam daftar menu.-henny/radarpalembang.com-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Hampir sebagian besar kalangan masyarakat menyukai olahan ayam seperti ayam bakar, ayam goreng bumbu, ayam gulai, dan lainnya. 

Namun, lain hal dengan ayam asap. Menu satu ini masih asing di telinga dan belum begitu dikenal warga Kota Palembang.

Dapoer Bella, yang dulu lebih dikenal dengan Caramel Coffee & Resto, ternyata menyediakan ayam asap termasuk bebek asap dalam daftar menu. Bahkan, diakui Assistant Supervisor Dapoer Bella, Mareta, menu ini pertama ada di Palembang.

“Ayam dan bebek asap ini pertama ada di Palembang. Kita bahkan datangkan langsung alat smoker khusus dari Jakarta. Makanya bagi warga Palembang yang mau nyobain menu ini silahkan datang ke Dapoer Bella,” ujarnya Rabu 17 Juli 2024.

BACA JUGA:Ada Getilan di Pempek Cek Molek, Hati-hati Bikin Ketagihan

Menurut Tata, biasa ia disapa, proses pengasapan ayam dan bebek membutuhkan waktu hingga empat jam setelah diungkap terlebih dahulu dengan bumbu pilihan, baru dilakukan pengasapan sampai meresap ke dalam.

“Pengasapan ini tidak boleh ditinggal. Satu jam sekali harus dicek berkala sama chef kita, kalau gak bisa gagal. Ini tantangan terberat ya untuk mendapatkan rasa yang pas,” jelasnya 

Ayam maupun bebek asap ini lebih sedap karena  disajikan dengan tiga sambal pilihan. Ada Sambal Dabel, sambal yang terdiri dari tempoyak, mangga kweni, dan perasaan jeruk nipis. 

Lalu ada Sambal Lamongan yang mirip seperti sambal terasi, dan Sambal Geprek. “Sambal Lamongan ini yang paling pedas,” imbuhnya.

BACA JUGA:Warteg Pandan Wangi, Modern dan Sedia Masakan Tanpa MSG, Wajib Masuk Daftar!

Untuk satu porsi ayam asap dibanderol dengan harga Rp32.000. Sementara bebek asap Rp52.000. Harga hanya untuk ayam atau bebek asap, lalapan, dan sambal. Untuk penambahan nasi Rp5.000.

Pengunjung juga bisa pesan sambal tambahan dengan  biaya Rp4.000 untuk porsi kecil dan Rp8.000 untuk porsi lebih besar. Khusus Sambal Dabel Rp10.000.

Selain Ayam & Bebek Asap, resto yang berlokasi di Jalan Bidar Puncak Sekuning, masuk Palembang ini juga menyediakan berbagai menu yang mampu membelai lidah seperti ayam dan bebek goreng maupun bakar, nila dan lele bakar atau goreng, dan lainnya.

Untuk snack, tersedia antara lain Ayam Popcorn, Risoles Kampung, Pisang Goreng Wijen Gula Aren, Cakwe, Singkong Thailand, Singkong Lada Garam, dan lainnya yang dibanderol mulai dari Rp15.000.

Sumber: