UBD Sukses Gelar Webinar Nasional Seri #6

UBD Sukses Gelar Webinar Nasional Seri #6

Universitas Bina Darma (UBD) Kembali sukses menyelenggarakan webinar nasional seri #6 tahun 2024 melalui Zoom Meeting.-dok ubd-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Universitas Bina Darma (UBD) Kembali sukses menyelenggarakan webinar nasional seri #6 tahun 2024 melalui Zoom Meeting, Selasa 25 Juni 2024.

Acara yang diselenggarakan Pusat Penelitian (PUSLIT) Inovasi TIK Smart Systems & Data Science (Intelligent System Group Of Research (IS-GoR)) bersama Fakultas Sains Teknologi (FST) ini mengangkat topik “Physiotherapy Exercise Classification Model Using Computer Vision and Machine Learning Approaches.” 

Webinar dihadiri 95 peserta dari 25 instansi dan 19 kota di Indonesia. Partisipan berasal dari berbagai kalangan, menciptakan wadah diskusi yang berharga bagi para peneliti dan praktisi di berbagai bidang.

Penelitian yang dibahas menunjukkan bahwa penggunaan kamera ponsel untuk memantau aktivitas fisioterapi punggung bawah dan bahu di rumah secara otomatis dan tanpa pengawasan adalah layak. 

BACA JUGA:UBD Dinobatkan sebagai Perguruan Tinggi Terbaik ke -13 di Indonesia

Melalui kerangka kerja deteksi pose sumber terbuka, posisi sendi dapat diidentifikasi dengan akurat dari video individu yang melakukan latihan fisioterapi. 

Data ini kemudian digunakan untuk melatih jaringan saraf konvolusional, yang mampu mengkategorikan latihan fisioterapi dengan metode pembelajaran mesin. 

Temuan ini menunjukkan potensi besar dalam memanfaatkan teknologi ponsel untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemantauan fisioterapi di rumah, memberikan solusi yang praktis dan mudah diakses bagi pasien dan praktisi medis.

Seminar ini menghadirkan Dr. Tri Basuki Kurniawan dari Universitas Bina Darma, Palembang, yang merupakan ahli dalam bidang Kecerdasan Buatan dan Data Science sebagai pemateri. 

BACA JUGA:Guest Lecture Cybernethics Kolaborasi UBD dan Telkom University Sukses Digelar

Acara dipandu oleh Megawaty, M.Kom dan Ferdiansyah, M.Kom., Ph.D. sebagai moderator. Koordinator PUSLIT TIK, Assoc. Prof. Leon A. Abdillah, dan Dekan Fakultas Sains Teknologi, Dr. Tata Sutabri, S.Kom., MMSI., M.KM, turut hadir dan berdiskusi dengan peserta seminar.

“Kami sangat berterima kasih kepada para pembicara dan peserta yang telah berpartisipasi. Kami berharap acara ini menambah wawasan dan pengetahuan kepada seluruh yang hadir dalam webinar nasional ini serta menjadikan acara ini semakin interaktif dan bermanfaat,” ujar Assoc. Prof. Leon A. Abdillah. 

Peserta juga berkesempatan mengajukan pertanyaan kepada Dr. Tri Basuki Kurniawan sebagai pemateri seminar, memperkaya diskusi yang berlangsung.

Webinar ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi antar institusi dan memperkuat jaringan peneliti di Indonesia. 

Sumber: