Awas Kolesterol Mengintai, Begini Alternatif Menyantap Olahan Daging Kurban yang Lezat dan Sehat

Awas Kolesterol Mengintai, Begini Alternatif Menyantap Olahan Daging Kurban yang Lezat dan Sehat

Berikut cara alternatif menyantap masakan lezat dari daging kurban yang didapat saat Idul Adha agar terhindar dari kolesterol tinggi dan tetap sehat--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Berikut cara alternatif menyantap masakan enak dari daging kurban yang didapat saat Idul Adha agar terhindar dari kolesterol tinggi dan tetap sehat.

Pada hari raya Idul Adha biasanya selalu identik dengan sajian makanan lezat berbahan dasar daging. Karena pada hari raya Idul Adaha umat muslim melakukan idabah kurban yang dangingnya di bagi-bagikan pada seluruh warga.

Hal tersebut terkadang membuat kita bisa lupa porsi saat menyantap olahan daging yang disajikan. Meski diketahui kandungan zat kolesterol dan lemak jenuh yang ada pada daging cukup tinggi dan bersifat tidak baik.

Lantas adakah cara agar kolesterol tidak naik saat kita menyantap olahan masakan dari daging saat Idul Adha?

BACA JUGA:Mengejutkan Harga Daging Sapi di Palembang Meroket Jelang H-7 Lebaran Idul Fitri 2024

Berikut ada beberapa tips atau cara alternatif mengolah daging kurban, agar tidak meningkatkan kolesterol saat disantap.

1. Hindari Penggunaan Santan Kental

Memasak daging yang dicampur dengan santan kental memang amat menggoda, seperti rendang atau gulai.

Namun, bagi kamu yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi dan kolesterol maka ada baiknya untuk membatasi asupan makanan ini. Alternatifnya, kamu bisa kok mengolah daging dengan membuat semur atau sop.

Contoh lainnya, bila kamu ingin memasak tongseng, janganlah menambah santan kental ke dalamnya. Sebagai gantinya, kamu bisa mencampurkan santan encer ke dalam masakan tersebut untuk menambah rasa gurih.

BACA JUGA:Makan Apa agar Kolesterol Cepat Turun? Berikut 8 Daftarnya, Yuk Cari Tahu di Sini

2. Kombinasikan dengan Sayuran

Cobalah kombinasikan sayuran ke dalam olahan daging. Kata ahli, sayuran yang dipadukan dengan daging merah bisa membantu mengurangi senyawa berbahaya saat proses pencernaan.

Contohnya, kamu bisa kok mencampurkan sayuran, seperti kol, tomat, bayam, atau sayuran hijau lainnya ke dalam olahan daging. Cara ini dinilai baik untuk mengurangi kadar kolesterol.

Sumber: