Sering Banjir jadi Kendala Terwujudnya Kota Metropolitan

Sering Banjir jadi Kendala Terwujudnya Kota Metropolitan

Banjir yang sering terjadi akibat dari tersumbatnya saluran pembuangan air (SPAL), menjadi salah satu penyebab terhambatnya program pembangunan kota metropolitan yang menjadi program pemerintah. -man-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM -  Banjir yang sering terjadi akibat dari tersumbatnya saluran pembuangan air (SPAL), menjadi salah satu penyebab terhambatnya program pembangunan kota metropolitan yang menjadi program pemerintah. 

Tingginya intensitas curah hujan yang turun dalam beberapa hari terakhir berpotensi membuat genangan air menjadi tinggi. Hal ini dikarenakan pembangunan tata kota sebelumnya tidak memperhatikan dampak lingkungan khususnya SPAL di sisi badan jalan.

Untuk itu, seluruh unsur pemerintahan dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), didesak agar segera melakukan koordinasi guna membuat gebrakan terkait SPAL yang mampet mengingat program Sumsel, kota metropolitan akan sulit terwujud jika permasalahan utama belum teratasi.

Selain itu, peran serta dari seluruh elemen masyarakat untuk bahu membahu bekerjasama dalam membantu pemerintah mewujudkan pembangunan harus selalu bersinergi. 

BACA JUGA:Resmi! Bandara SMB II Turun Status, Tak Lagi Bandar Udara Internasional, Hanya Berlabel Domestik

Apalagi untuk membuat SPAL berfungsi dibutuhkan dukungan masyarakat khususnya terkait pelebaran aliran air yang berdekatan dengan pemukiman masyarakat. 

Pembangunan kota metropolitan akan sangat berdampak tak hanya pada kemajuan pembangunan, melainkan perekonomian masyarakat pun ikut meningkat dengan adanya investasi yang masuk. 

Banyaknya investor atau masyarakat dari luar daerah yang datang untuk berkunjung ke kota Metropolitan, tentu akan membuat sektor UMKM tumbuh subur, sehingga secara tidak langsung pendapatan warga ikut terbantu. 

Efek dari kemajuan pembangunan dari kota metropolitan, membuat semua sektor akan berpengaruh karena dipastikan tidak hanya infrastruktur yang maju, melainkan sektor pariwisata juga akan semakin berkembang mengingat tujuan dari orang luar datang ke daerah juga untuk berwisata.

BACA JUGA:Cegah Banjir, Dewan Minta Pemkot Pengerukan Sungai dan Kolam Retensi

Terwujudnya program kota metropolis atau metropolitan tentu akan membuat paradigma (imej) daerah akan meningkat, sehingga tingkat pembangunan sumber data manusia juga akan membaik, mengingat kemajuan kota metropolitan harus didukung oleh SDM yang unggul dan berkualitas.

 

 

 

Sumber: