Pilgub Sumsel, Achmad Riezka Tokoh Alternatif Cawagub dari Basemah

Pilgub Sumsel, Achmad Riezka Tokoh Alternatif Cawagub dari Basemah

Achmad Riezha Donalsha Riduan dinilai memiliki modal kultural dan historis yang dapat menjadi alternatif calon wakil gubernur Sumsel.-ist-

PALEMBANG,RADARPALEMBANG.COM - Representasi perwakilan suku dan wilayah dalam pemilihan kepala daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan, menjadi kunci dalam menentukan basis dukungan suara pada Pilgub Sumsel yang akan berlangsung November mendatang. 

Seperti wilayah Pagaralam, Lahat, Empat Lawang, Kikim area yang selama ini menjadi wilayah dengan sebutan Basemah menjadi modal penting bagi penentuan Pilgub Sumsel 2024.

Nama lain yang santer disebut sebagai perwakilan Besemah adalah munculnya cucu dari tokoh Sumsel Zamzami Achmad, mantan Ketua DPD Golkar dan Ketua DPRD Sumsel untuk bertarung dalam Pilgub Sumsel mendatang, yaitu Achmad Riezka Donalsha Riduan.

Peneliti Dapunta Research dan Consulting Muhammad Hidayat, mengatakan munculnya Achmad Riezha Donalsha Riduan dinilai memiliki modal kultural dan historis yang dapat menjadi alternatif calon wakil gubernur bagi calon gubernur yang sudah mendeklarasikan diri untuk maju. 

BACA JUGA:Pose 2 Jari, Eddy Santana Siap Dampingi Herman Deru di Pilgub Sumsel 2024

Dijelaskan Muhammad Hidayat, modal awal bagi keduanya adalah pertama secara kultural mereka representasi dari wilayah Pagaralam, Empat Lawang, Lahat, dan Kikim area.

"Nama Achmad Riezka Donalsha Riduan yang akrab disapa Eja. Eja adalah pengusaha dan banyak membangun jaringan industrial otomotif baik luar dan dalam negeri," kata Hidayat, Senin 15 April 2024.

Sedangkan ayahnya Riduan Effendi pernah mengabdikan diri di Musi Rawas dan menjadi Walikota Lubuk Linggau dua periode, dan banyak melakukan pembangunan di wilayah Silampari yang tentunya selama menjabat banyak kebijakan - kebijakan yang dirasakan oleh masyarakat.

"Eja memiliki basis kultural dan trah Basemah yang melekat pada mereka, sehingga menjadi pilihan bagi calon gubernur untuk meminang mereka sebagai wakil gubernur," jelasnya.

BACA JUGA:Pilgub Sumsel 2024, Pengamat: Era Kampanye Hitam Sudah Habis, Kepuasan atas Kinerja Jadi Penentu Kemenangan

Ditambah lagi kekuatan loyalis - loyalis Zamzami Achmad yang tersebar di berbagai wilayah terbina sangat baik, karena selama menjabat banyak karya dan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat banyak, sehingga hal ini perlu dilanjutkan oleh para cucunya.

Sejauh ini kandidat calon gubernur yang belum memiliki Wakil yaitu Herman Deru, Heri Amalindo, ESP, dan lainnya. 

 

 

Sumber: