Hore! Tol Palembang-Betung Bisa Digunakan Mudik Lebaran 2024, Akses Dibuka Saat Pagi Hingga Sore Saja

Hore! Tol Palembang-Betung Bisa Digunakan Mudik Lebaran 2024, Akses Dibuka Saat Pagi Hingga Sore Saja

Tol Palembang-Betung bisa digunakan saat mudik lebaran 2024 khusunya untuk jalur Musi Landas-Mulya Agung pada pagi hingga sore hari saja--

BANYUASIN, RADARPALEMBANG.COM  - Tol Palembang-Betung bisa digunakan saat mudik lebaran 2024 khusunya untuk jalur Musi Landas-Mulya Agung pada pagi hingga sore hari saja.

Tol Palembang-Betung ini akan difungsionalkan saat terjadi peningkatan jumlah kendaraan saat mudik lebaran 2024.

"Ya nanti akan dibuka pada 5-16 April, saat itu merupakan waktu meningkatnya jumlah pemudik yang akan melintas di Sumsel," ujar Kepala Dinas Perhubungan Banyuasin, Mulyanto, Senin, 1 April 2024.

Mulyanto menyebut kalau pengoperasian Tol Palembang-Betung tidak akan dibuka 24 jam, tetapi hanya difungsikan selama 10 saja.

BACA JUGA:Astra Siaga Lebaran 2024, Ada Ratusan Bengkel dan Teknisi, Mudik Lebih Aman

Di bukanya akses Tol Palembang-Betung saat mudik lebaran 2024 mulai pukul 07.00 WIB-17.00 WIB mengingat jalan tersebut belum ada lampu penerangan.

"Tidak sampai 24 jam beroperasi. Fungsionalnya jalan ini diharapkan mampu mengurai kemacetan yang kerap terjadi di Jalintim," ujarnya.

Sementara itu untuk memandu para pemudik menuju lokasi jalan tol, pihaknya telah menyiapkan arah penunjuk jalan sebagai informasi kepada pengendara.

Nantinya, kata dia, akan ada petugas dari kepolsian, dishub, satpol pp dan pihak Waskita yang akan standby di lokasi jalan tol yang difungsionalkan.

BACA JUGA:Mobil Listrik Tambah Banyak, PLN Siagakan 1.124 SPKLU Tersebar untuk Para Pemudik

"Akan ada petugas yang standby, sehingga pengendara tidak akan tersesat saat masuk menuju gerbang tol," katanya.

Pada mudik lebaran 2024 ruas Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapalbetung) seksi 3 akan difungsionalkan guna kelancaran arus lalu lintas baik mudik maupun balik dari arah Palembang ke Banyuasin, Musi Banyuasin (Muba) ataupun Jambi. 

"Di Sumatera, salah satu yang akan difungsionalkan adalah Jalan Tol Kayuagung-Palembang-Betung Seksi 3 sebagian dari IC Musilanda-Desa Sukamulya sepanjang 21,2 Km," ujar Anggota BPJT dari Unsur Masyakarat, Tulus Abadi dalam keterangan tertulisnya Kamis, 28 Maret 2024.

Selama masa fungsional, pengendara tidak akan dikenakan tarif alias gratis saat masuk-keluar di ruas tol tersebut. Namun, pengendara tetap melakukan tapping dengan kartu uang elektronik (jika disiapkan) di gerbang tol.

Sumber: