DRPM UBD Lakukan MoU dengan LP2N UIN Raden Intan

DRPM UBD Lakukan MoU dengan LP2N UIN Raden Intan

Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) level nasional kali ini, Dr. Rahma Santhi Zinaida, M.I.Kom, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi S2 Pascasarjana Universitas Bina Darma beserta tim telah memberikan pelatihan terkait dengan Digital Marketing-dok ubd-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Upaya berkelanjutan dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat akan kualitas pendidikan bertaraf nasional dan internasional, menjadi salah satu latar belakang Universitas Bina Darma berkomitmen untuk terus membuka jalur kerja sama. 

Kerja sama dilakukan dengan beberapa universitas top level di berbagai kota dan negara, salah satunya Universitas Islam Negeri Raden Intan di Provinsi Lampung melalui DRPM Universitas Bina Darma  dan LP2M UIN Raden Intan Lampung. 

Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) level nasional kali ini, Dr. Rahma Santhi Zinaida, M.I.Kom, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi S2 Pascasarjana Universitas Bina Darma beserta tim telah memberikan pelatihan.

Pelatihan terkait dengan Digital Marketing bagi para pelaku UMKM binaan UIN Raden Intan Lampung. 

BACA JUGA:Dosen UBD Beri Pelatihan Digital Marketing di Lampung

Sama seperti Universitas Bina Darma, UIN Raden Intan Lampung pun memiliki mitra binaan UMKM yang bergerak dalam berbagai bidang seperti kuliner, jasa, dan  inovasi produk.

Bahkan saat ini, unit bisnis di UIN Raden Intan Lampung telah memiliki usaha mandiri yang dikelola secara professional di bidang katering yang bermitra dengan mahasiswa dan alumni pengusaha serta mitra UMKM binaan dari luar. 

Masalah yang kerap dihadapi UMKM tak jauh dari bagaimana membuat konten pemasaran yang kreatif dan dapat digunakan sebagai alat promosi produk UMKM yang saat ini mau tak mau harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi khususnya dalam bidang marketing yang biasa disebut digital marketing. 

Program PKM pun saat ini dikembangkan tak hanya pengabdian di level lokal (dalam kota Palembang) saja namun harus sudah merambah ke level nasional yang bisa dilakukan diluar wilayah domisili Universitas. 

BACA JUGA:UBD Sukses Gelar Webinar Nasional Seri#3 Tahun 2024

Prodi Ilmu Komunikasi UBD bahkan sejak 2017 telah memulai kegiatan pengabdian kepada masyarakat di level internasional yaitu di negara Malaysia dengan melibatkan mahasiswa dan dosen. 

Sebagai salah satu tri darma perguruan tinggi, pengabdian kepada masyarakat kerap terabaikan oleh para akademisi, padahal nilai kegiatan yang bersifat sosial ini wajib dilaksanakan satu semester minimal satu kali dan sebaiknya dilakukan minimal di level nasional agar dapat meningkatkan akreditasi prodi dan universitas.

Sumber: