Dosen UBD Isi Materi Pengembangan SDM di UIN Raden Intan Lampung

Dosen UBD Isi Materi Pengembangan SDM di UIN Raden Intan Lampung

Dosen Universitas Bina Darma berkunjung ke UIN Raden Intan Bandar Lampung untuk memberikan materi dan bimbingan. Materi yang diberikan mengenai pengembangan sumber daya manusia bagi mahasiswa UMKM binaan UIN Raden Intan Bandar Lampung. -dok ubd-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Pada tanggal 6 Maret 2024, Dosen Universitas Bina Darma berkunjung ke UIN Raden Intan Bandar Lampung untuk memberikan materi dan bimbingan.

Materi yang diberikan mengenai pengembangan sumber daya manusia  bagi mahasiswa UMKM binaan UIN Raden Intan Bandar Lampung. 

Pada kesempatan kali ini, materi yang diberikan dapat memberikan manfaat dalam pengembangan SDM bagi para mahasiswa binaan UMKM.

Kegiatan pengabdian masyarakat kolaboratif UMKM, yang merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia, memainkan peran vital dalam menyediakan lapangan kerja dan memperkuat perekonomian nasional.

BACA JUGA:Dosen UBD Lakukan Edukasi Pengelolaan Keuangan Agar UMKM Naik Kelas

Meskipun UMKM telah menggunakan teknologi informasi seperti bisnis digital, masih banyak yang belum optimal dalam mengelola SDM, terutama dalam memanfaatkan media sosial dan jaringan bisnis.

Dalam upaya meningkatkan pengelolaan SDM, UIN Raden Intan Bandar Lampung memberikan pembekalan kewirausahaan kepada mahasiswanya melalui inkubator bisnis. 

Kegiatan ini dipimpin oleh Dr. Trisninawati, SE., MM dan didukung oleh Ketua LP2M Prof. Dr. H. A Kumedi Ja’Far. 

Mereka menggarisbawahi pentingnya pengembangan SDM dalam menjalankan usaha UMKM.

BACA JUGA:Lima Mata Kuliah di UBD Terpilih Dalam Seleksi Praktisi Mengajar 4

Hasil kegiatan ini menunjukkan antusiasme mahasiswa UMKM Binaan UIN Raden Intan Bandar Lampung dalam mengikuti pendampingan pengabdian masyarakat.

“Mereka sadar bahwa untuk bersaing di pasar kerja, mereka perlu mengubah mindset dan belajar untuk menciptakan lapangan kerja sendiri,” ujar Dr. Trisninawati, SE., MM.

Lanjutnya, salah satu faktor kunci dalam kesuksesan usaha adalah pengelolaan SDM yang baik, termasuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan.

Manajemen SDM yang baik menjadi fokus utama, karena manusia merupakan modal dasar yang harus dikelola dengan baik. 

Sumber: