Danamon Luncurkan Kampanye Imbau Nasabah Siaga, Modus Penipuan Permintaan Kode OTP

Danamon Luncurkan Kampanye Imbau Nasabah Siaga, Modus Penipuan Permintaan Kode OTP

Bank Danamon mengimbau nasabah agar selalu waspada dan menjaga kerahasiaan kode One Time Password (OTP) yang merupakan kunci penting dalam menjaga keamanan transaksi perbankan digital.--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) mengambil langkah proaktif dengan kembali mengedukasi nasabah melalui kampanye #JanganKasihCelah. 

Langkah Bank Danamon ini dalam upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kesadaran dan keamanan transaksi perbankan online nasabah.

Kali ini, Bank Danamon mengimbau nasabah agar selalu waspada dan menjaga kerahasiaan kode One Time Password (OTP) yang merupakan kunci penting dalam menjaga keamanan transaksi perbankan digital.

Di era digital saat ini, transaksi perbankan online menjadi semakin populer karena kemudahannya. 

BACA JUGA:Danamon dan Sunyi Academy Berikan Sertifikat Kompetensi Barista ke 40 Kawan Difabel

Namun, kemudahan ini juga membuka peluang bagi penipu untuk mencuri data pribadi dan keuangan nasabah. 

Berdasar data yang dirilis Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), tercatat ada 1.730 konten penipuan online dengan total kerugian mencapai Rp18 triliun selama periode Agustus 2018 hingga Februari 2023.

Sebanyak 64,1 persen berupa modus penipuan yang dilakukan melalui SMS/telepon dengan salah satu bentuknya adalah permintaan kode OTP. 

Kode OTP sendiri adalah sandi sekali pakai yang berlaku hanya untuk satu kali transaksi dan memiliki jangka waktu terbatas. Kode ini berfungsi sebagai lapisan keamanan tambahan dalam transaksi digital, memastikan bahwa hanya pemilik akun yang dapat mengakses dan melakukan transaksi. 

BACA JUGA:Danamon Sasar Peningkatan Bisnis Konsumer Melalui Partisipasi di IIMS 2024

Oleh karena itu, menjaga kerahasiaan kode OTP adalah langkah penting dalam melindungi data pribadi dan keuangan nasabah.

“Kami mengimbau nasabah untuk selalu waspada dan tidak pernah membagikan kode OTP kepada siapapun, termasuk kepada pihak bank,"kata Chief Digital Officer PT Bank Danamon Indonesia Tbk Andreas Kurniawan, Rabu 20 Maret 2024.

Ingat, pihak bank tidak pernah meminta kode OTP dari nasabah. 

"Dengan tidak memberikan celah kepada pihak yang tidak bertanggung jawab, nasabah dapat menutup peluang terjadinya kerugian dari tindakan kriminal," kata Andreas Kurniawan.

Sumber: