Peresmian Pasar Bedug 2024, Kolaborasi Kemenkeu Satu dan LLDIKTI II untuk UMKM Sumsel

Peresmian Pasar Bedug 2024, Kolaborasi Kemenkeu Satu dan LLDIKTI II untuk UMKM Sumsel

Kepala Kantor Kementerian Keuangan Satu Sumsel erdinan Lengkong, dan Kepala Lembaga Layanan Pedidikan Tinggi Wilayah II Prof Ishak Iskandar membuka Pasar Bedug 2024 yang dilaksanakan di depan Kampus Universitas MDP dan Mess Bea Cukai Jalan Rajawali seja-dok ubd-

BACA JUGA:Bussiness Matching Hadirkan Pembeli dari India, UMKM Binaan PLN Siap Go Global!

Pasar Bedug 2024 menjadi momen penting dalam membangun kolaborasi yang kuat antara pemerintah pusat dan daerah, kementerian/lembaga, akademisi, perbankan, lembaga keuangan, asosiasi,  komunitas, serta masyarakat umum.

Melalui rangkaian kegiatan seperti konsultasi, sosialisasi, kurasi, dan akses Laboratorium UMKM, Pasar Bedug 2024 membuka pintu bagi pelaku usaha/UMKM untuk mendapatkan insentif bisnis dalam hal perizinan, pelatihan, perpajakan, akses permodalan/pembiayaan, serta aspek operasional lainnya mulai dari pengadaan bahan baku hingga pemasaran produk, baik di pasar domestik maupun internasional.

Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah II Prof Ishak Iskandar.

"Kami melihat Pasar Bedug 2024 sebagai ajang yang sangat relevan dalam mendukung implementasi program Magang Berbasis Kurikulum Merdeka (MBKM) di wilayah kami. Kolaborasi ini akan memberikan peluang berharga bagi mahasiswa dan Dosen untuk terlibat langsung dalam kegiatan dengan mitra, sehingga dapat memperoleh pengalaman berharga di dunia industri," ujar Ishak.

BACA JUGA:Monitoring dan Evaluasi oleh Tim LLDIKTI Wilayah 2 untuk Evaluasi Kehadiran Dosen PNS

Sinergi dan kolaborasi memang merupakan kunci dalam peningkatan daya saing UMKM ke depannya, karena semua pihak harus terlibat dan membantu UMKM dari beragam aspek yang menjadi kebutuhan UMKM.

Kepala Kanwil Kemenkeu Satu, Ferdinan Lengkong mengatakan, sangat bangga dapat menjadi bagian dari Pasar Bedug 2024 ini.

"Kolaborasi ini menjadi cermin nyata komitmen Kemenkeu Satu dalam mendukung pengembangan UMKM, serta memperkuat sinergi antara sektor publik dan pendidikan tinggi untuk menciptakan ekosistem yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi," tukasnya.

Masyarakat umum juga tentunya dapat turut berpartisipasi dalam mendukung UMKM Sumsel dengan meramaikan kegiatan Pasar Bedug UMKM 2024 ini yang sudah dimulai sejak 14 Maret  hingga 5 April 2024 nanti. (*)

 

 

 

 

 

Sumber: