Peresmian Pasar Bedug 2024, Kolaborasi Kemenkeu Satu dan LLDIKTI II untuk UMKM Sumsel

Peresmian Pasar Bedug 2024, Kolaborasi Kemenkeu Satu dan LLDIKTI II untuk UMKM Sumsel

Kepala Kantor Kementerian Keuangan Satu Sumsel erdinan Lengkong, dan Kepala Lembaga Layanan Pedidikan Tinggi Wilayah II Prof Ishak Iskandar membuka Pasar Bedug 2024 yang dilaksanakan di depan Kampus Universitas MDP dan Mess Bea Cukai Jalan Rajawali seja-dok ubd-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COMPasar Bedug 2024 yang dilaksanakan di depan Kampus Universitas MDP dan Mess Bea Cukai Jalan Rajawali sejak 14 Maret hingga 5 April nanti, menjadi momentum kolaborasi yang signifikan antara Kementerian Keuangan Satu dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II (LLDIKTI) dalam mendukung peningkatan daya saing UMKM Sumsel.

Rumah Kreatif UMKM Kemenkeu Satu Sumatera Selatan sebagai salah satu wujud nyata sinergi antara sektor publik dan pendidikan tinggi dalam memajukan sektor UMKM di Indonesia. 

Peserta dari mahasiswa UMKM Mandiri LLDIKTI II yang terdiri dari 6 perguruan tinggi, yaitu Universitas Bina Darma, Universitas Multidata Palembang, Universitas Muhamadiyah Palembang, Universitas PGRI, Universitas Indo Global Mandiri (UIGM), Universitas Sumatera Selatan (USS).

Pasar Bedug UMKM kali ini juga diikuti 28 stand UMKM terdiri dari UMKM binaan Kemenkeu Satu, 9 UMKM peserta Program UMKM Mandiri LLDIKTI II, dan UMKM masyarakat sekitar. Bertempat di Rumah Kreatif Kemenkeu Satu Sumsel Jalan Rajawali.

BACA JUGA:BSB Syariah dan PW Muhammadiyah Sumsel Hadirkan Pasar Bedug Ramadan Hingga 9 April

Acara dibuka oleh Ferdinan Lengkong, Kepala Kantor Kementerian Keuangan Satu Sumsel dan Prof Ishak Iskandar, Kepala Lembaga Layanan Pedidikan Tinggi Wilayah II, serta turut hadir juga Kepala Bidang Penyukuhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat, Kepala Bidang Pemeriksaaan, Penagihan Intelijen, dan Penyidikan.

Lalu, Kepala Bidang Pedaftaran, Ekstensifikasi dan Penilaian,  Kepala Bidang Keberatan, Banding dan Pengurangan. Kepala Bagian Umum, Kepala Sekdi Data dan Potensi. Kepala Seksi Bimbingan Pengawasan, Kepala Seksi Penagihan, Kepala Seksi Adminitrasi Bukti Permulaan dan Penyidikan. 

Ketua Panitia Pelaksana Pasar Bedug 2024, Edy Gunawan, menyatakan, berkomitmen untuk menyelenggarakan Pasar Bedug 2024 dengan sebaik mungkin, sehingga dapat memberikan manfaat maksimal bagi semua pihak yang terlibat.

"Kami mengundang semua pihak untuk ikut serta dalam acara ini dan berkontribusi dalam memajukan sektor UMKM Sumsel," ujarnya.

BACA JUGA:Jempol! Tiga Dosen UBD Terpilih Kembali sebagai Reviewer Praktisi Mengajar Kemenristekdikti

Rumah Kreatif UMKM Kemenkeu Satu Sumatera Selatan, yang telah dikenal sebagai wadah kolaborasi lintas sektor, kembali menjelma menjadi pusat perhatian dengan menggelar Pasar Bedug 2024.

Acara ini tidak hanya menjadi ajang pameran produk UMKM, tetapi juga menandai upaya konkret dalam mendukung kegiatan implementasi Magang Berbasis Kurikulum Merdeka (MBKM) dengan mengakomodasi rekognisi dan konversi nilai bagi mahasiswa dan Dosen terlibat dalam kegiatan dengan mitra pemeritah, dunia usaha dan dunia industri.

Ketua Pelaksana UMKM Mandiri LLDIKTI Dr Desy Misnawati MIKom, menekankan, kolaborasi melalui Pasar Bedug 2024 ini, akan terjalin kerjasama yang lebih erat antara pelaku usaha/UMKM dengan pemerintah dan akademisi.

"Dengan sinergi yang kuat, kami yakin UMKM di Sumatera Selatan akan semakin berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian daerah. Sejalan dengan misi UMKM Mandiri LLDIKTI untuk menjadikan Mahasiswa Kreatif dan UMKM Maju," tegasnya.

Sumber: