Udah Gak Zaman Skripsi Bikin Depresi, Ini Tips Enjoy Menghadapi Semester Tua

Udah Gak Zaman Skripsi Bikin Depresi, Ini Tips Enjoy Menghadapi Semester Tua

Berikut tips agar enjoy hadapi semester tua agar tidak mudah depresi saat mengerjakan skripsi sebagai tugas akhir kuliah--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Berikut tips agar enjoy menghadapi semester tua agar tidak mudah depresi saat mengerjakan skripsi sebagai tugas akhir kuliah.

Bagi banyak mahasiswa menghadapi semester tua atau masa akhir kuliah cukup menakutkan, terutama soal pengerjaan skripsi yang menjadi simbol akhir dari perjalanan akademik di bangku kuliah.

Namun acap kali penulisan skripsi sering kali menjadi sumber stres, kecemasan, bahkan depresi bagi mahasiswa di semester akhir.

Tapi tenang masa tersebut tetap dapat dinikmati dengan santai kok, Berikut ini adalah beberapa tips enjoy menghadaipi semester tua dan proses penulisan skripsi.

BACA JUGA:Tanpa Obat Penenag, Ini 3 Cara Obati Anxiety atau Depresi, Tak Ada Efek Samping, Dijamin Efektif

1. Rencanakan dengan Baik

Mulailah dengan membuat rencana yang baik dan realistis. Tentukan topik yang disukai dan konsultasikan dengan pembimbing.

Buatlah timeline yang jelas untuk setiap tahapan penulisan skripsi, mulai dari proposal hingga sidang. Dengan perencanaan yang matang, maka akan merasa lebih terkontrol dan cenderung lebih tenang selama prosesnya.

2. Atur Jadwal Harian

Menyusun jadwal harian bisa membantu mengatur waktu secara efektif. Sisihkan waktu khusus setiap hari untuk mengerjakan skripsi, dan pastikan Anda juga menyediakan waktu untuk istirahat serta kegiatan lain.

Dengan begitu, tidak akan ada rasa terbebani karena kegiatan tidak hanya monoton berkutat dengan skripsi saja.

3. Jaga Kesehatan Mental dan Fisik

Kesehatan mental dan fisik adalah dua hal yang tidak terpisahkan dan sama pentingnya. Pastikan mendapatkan cukup tidur, makan dengan nutrisi yang seimbang, serta melakukan olahraga secara rutin.

BACA JUGA:Waspada Jika Mengalami 5 Hal Berikut, Bisa Jadi Kamu Terkena Anxiety Atau Gangguan Mental

Sumber: