Danamon Perkuat Industri Otomotif Melalui Solusi Finansial

Danamon Perkuat Industri Otomotif Melalui Solusi Finansial

Transaction Banking Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk Andrew Suhandinata, saat Press Conference Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Hall D, Jakarta Pusat.--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon), bersama PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance) dan MUFG Bank Ltd., (MUFG), kembali hadir di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

Bank Danamon, Adira dan MUFG Bank hadir sebagai official bank partner, official multi finance partner, dan official trade-in partner melalui momobil.id dan momotor.id.

Kemitraan jangka panjang ini merupakan komitmen Danamon untuk memperkuat industri otomotif nasional dengan menyediakan solusi finansial komprehensif bagi setiap bagian dari mata rantai industri otomotif, dari hulu hingga ke hilir.

Dengan aset konsolidasi mencapai Rp221 triliun per akhir 2023, Danamon menunjukkan kapabilitas finansial yang solid untuk mendukung sektor otomotif Indonesia dari produksi hingga distribusi.

BACA JUGA:Solusi Perencanaan Pernikahan, Danamon Gandeng Beidestory Market 2024 melalui Danamon Optimal

Transaction Banking Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk., Andrew Suhandinata menekankan pentingnya industri otomotif dalam memajukan ekonomi Indonesia dan komitmen Danamon dalam mendukung pelaku bisnis di sektor ini.

Pada 2023 lalu, Danamon mencatat pertumbuhan yang signifikan dalam penyaluran kredit, dengan total kredit dan Trade and Finance meningkat sebesar 19 persen Year-on-Year (YoY) menjadi Rp 174,9 triliun. 

"Peningkatan ini didorong oleh portofolio kredit dari segmen Enterprise Banking & Financial Institution yang tumbuh 15 e YoY mencapai Rp78,8 triliun," kata Andrew.

Sinergi antara Danamon dengan Adira Finance sebagai anak perusahaan diklaim telah menghasilkan peningkatan dalam penyaluran kredit dan pembiayaan otomotif baik ritel maupun korporasi sepanjang tahun 2023.

BACA JUGA:Rampungkan Akuisisi Portofolio Pinjaman Ritel SCBI, Potensi Bisnis Danamon Bertambah

Dia melanjutkan nilai pembiayaan kendaraan yang dilakukan oleh Adira Finance bagi nasabah bisnis Danamon (fleet financing) telah tumbuh sebesar 85 persen YoY dengan pertumbuhan nasabah mencapai 22 persen YoY.

Selain itu, Danamon telah menyalurkan kredit modal kerja bagi para dealer mitra Adira Finance di tahun 2023 dengan peningkatan nilai pinjaman sebesar 103 persen YoY dengan penambahan dealer yang sebesar 105 persen YoY.

"Hal ini menunjukkan sinergi yang dilakukan Danamon dengan Adira Finance berperan dalam meningkatkan basis nasabah dan ekspansi bisnis kedua perusahaan dan merupakan kekuatan yang membedakan untuk tumbuh sebagai Financial Group dan hal ini akan terus ditingkatkan kedepannya," paparnya.

Dalam mendukung bisnis korporasi, lanjut dia, Danamon menyediakan rangkaian layanan transaction banking yang komprehensif, termasuk Danamon Cash Management, Danamon Trade Finance & Services, serta Danamon Financial Supply Chain.

Sumber: