Pendaftaran Online PPDB Kota Palembang Tahun 2024/2025 Kapan Dibuka? Pantau Terus Linknya di Web Ini

Pendaftaran Online PPDB Kota Palembang Tahun 2024/2025 Kapan Dibuka? Pantau Terus Linknya di Web Ini

Pendaftaran Online PPDB Kota Palembang Tahun Ajaran 2024/2025 untuk tingkat SD dan SMP, pantau terus linknya di web resmi, portal dinas pendidikan kota Palembang.--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Sebentar lagi akan memasuki tahun ajaran baru 2024/2025. Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) diharapkan akan tetap berlangsung online seperti tahun sebelumnya.

Orangtua atau walimurid sudah mulai mencari informasi terkait pembukaan PPDB tersebut, mulai dari tingkat SD hingga SMP se-Kota Palembang.

Nah, merujuk pada tahun 2023, pendaftaran PPDB untuk sekolah negeri itu mulai buka pada bulan Juni 2023. Sebelumnya dilakukan terlebih dahulu sosialisasi penerimaan PPDB oleh Diknas Pendidikan Kota Palembang di bulan Mei 2023.

Siap-siap pantau terus linknya di website Siap PPDB Online Kota Palembang yakni https://portal-ppdb.palembang.go.id/

BACA JUGA:Sistem Zonasi Sekolah Masih Jadi Polemik, Walikota Palembang Minta Diknas Evaluasi PPDB

Untuk pendaftaran online PPDB tahun ini belum diketahui apakah tetap sama dengan tahun sebelumnya yaitu melalui jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orangtua (mutasi) dan prestasi.

Namun banyak walimurid yang berharap penerimaan PPDB masih tetap seperti tahun-tahun sebelumnya dengan kuota yang sama.

Yakni jalur zonasi mendominasi penerimaan calon peserta didik dengan kuota sebesar 50 persen. 

Sementara tahun lalu, sistem zonasi sekolah masih jadi polemik sehingga walikota Palembang meminta diknas untuk mengevaluasi kembali sistem pendaftaran jalur zonasi pada PPDB ini. 

BACA JUGA: GADUH! Jual Beli Bangku Sekolah Jadi Sorotan Publik, Begini Cara untuk Mengetahuinya di PPDB 2023

Perlu diketahui, PPDB bertujuan memberi kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga negara usia sekolah khususnya di Kota Palembang agar memperoleh layanan pendidikan yang berkualitas.

Daya tampung sekolah yang terbatas untuk dapat menerima jumlah peserta didik baru yang terdaftar, maka perlu diadakan sistem seleksi PPDB yang objektif, transparan, akuntabel, tidak diskriminatif, dan kompetitif.

Sistem PPDB online dilakukan untuk menjamin terselenggaranya proses PPDB dapat berjalan secara objektif, transparan, akuntabel, tidak diskriminatif, dan kompetitif.

Serta menjamin akses layanan pendidikan di Kota Palembang dapat menjangkau ke semua lapisan masyarakat, dapat dilaksanakan dengan mudah dan terjangkau.

Sumber: