Franz Beckenbauer Tutup Usia, Satu-satunya Orang yang Pernah Meraih Piala Dunia sebagai Kapten dan Pelatih

Franz Beckenbauer Tutup Usia, Satu-satunya Orang yang Pernah Meraih Piala Dunia sebagai Kapten dan Pelatih

Wafatnya legenda sepakbola Jerman Franz Beckenbauer meninggalkan kenangan sebagai sati-satunya orang yang pernah meraih piala dunia sebagai kapten dan Pelatih--

Bahkan sang legenda juga sempat melakukan operasi untuk memasang pinggul buatan pada tahun 2018.

Beckenbauer sendiri merupakan salah satu pemain paling gemilang dalam sejarah sepak bola dunia.

Tercatat dirinya pernah mempersembahkan gelar Piala Eropa (1972) dan Piala Dunia (1974) untuk timnas Jerman sebagai pemain,

Selain itu Beckenbauer juga turut memberikan gelar Piala Dunia (1990) saat menjadi pelatih timnas Panser tersebut.

Sedangkan di Klub yang dibelanya bayern munchen Der Kaiser berhasil memenangkan tiga trofi Uefa Champions League, lims Bundesliga, empat piala DFB, satu piala Winners UEFA dan satu Piala Interkontinental.

Beckenbauer juga mencatatkan dirinya sebagai peraih dua gelar pemain terbaik atau Ballon D'or pada tahun 1972 dan 1976. Ia juga masuk dalam tim terbaik sepanjang masa Piala Dunia.

Julukan Der Kaiser yang berarti Si Kaisar bagi Franz Beckenbauer didapatnya karena gaya permainannya di lapangan yang elegan, dominan, dan kepemimpinan yang ia tunjukkan.

Memulai karier sejak belia sebagai gelandang, Beckenbauer dikenal sebagai penggagas peran libero.

BACA JUGA:Tak Ada Sepakbola Seharga Nyawa Manusia, AHY Berduka Atas Tragedi Kanjuruhan

Kecemerlangan Beckenbauer dalam 103 penampilannya bersama timnas Jerman dan tiga edisi Piala Dunia membuat dirinya menjadi satu-satunya orang di dunia yang mengangkat gelar Piala Dunia sebagai seorang kapten tim dan pelatih.

Beckenbauer juga menjadi satu-satunya kapten tim yang memenangi gelar Piala Dunia dan Piala Eropa di level negara dan Liga Champions bersama klub.

Beckenbauer kecil bergabung dengan akademi Bayern Muenchen pada usia 15 tahun, sebelum menjalani debut pada 1964.

Tiga belas tahun membela Bayern, ia tampil sebanyak 567 kali dan menyumbangkan empat gelar Liga Jerman ditambah empat gelar Piala Jerman.

Setelah menang Piala Winners pada 1967, ia membawa Bayern menguasai Liga Champions dengan juara tiga tahun berturut-turut dari 1974 sampai 1976.

Karier Sebagai Pemain:

Sumber: