PGN Melalui Kayan Salurkan LNG ke Pelanggan Smelter di Sulawesi Tenggara

PGN Melalui Kayan Salurkan LNG ke Pelanggan Smelter di Sulawesi Tenggara

Proses penyaluran LNG dari PT Kayan LNG Nusantara (Kayan) ke pelanggan smelter yang berlokasi di Sulawesi Tenggara dari PT PGN Tbk, Subholding Gas PT Pertamina Persero melalui PT Pertagas Niaga (PTGN).--

JAKARTA, RADARPALEMBANG.COM – PT PGN Tbk, Subholding Gas PT Pertamina Persero melalui  PT Pertagas Niaga (PTGN) melakukan penyaluran LNG dari PT Kayan LNG Nusantara (Kayan) ke pelanggan smelter yang berlokasi di Sulawesi Tenggara. 

Penyaluran LNG PT Pertagas Niaga (PTGN) melakukan penyaluran LNG dari PT Kayan LNG Nusantara (Kayan) dari Kalimantan Utara ini sebagai realisasi dari Perjanjian Jual Beli LNG dengan Kayan. 

PT Pertagas Niaga atau PTGN menggunakan 25 unit Isotank berukuran 40 ft sebagai moda transportasi LNG.

"Alokasi LNG dari Kayan akan mendukung pengembangan bisnis mini LNG bagi PGN dan domestik,"kata Direktur Sales dan Operasi PGN, Ratih Esti Prihatini, Minggu 7 Januari 2024.

BACA JUGA:PGN dan Patra Jasa dalam Pengembangan Jargas GasKita

Hal ini dikarenakan proyek penyaluran LNG dari PT Kayan LNG Nusantara (Kayan) ke pelanggan smelter yang berlokasi di Sulawesi Tenggara merupakan pengembangan LNG skala kecil yang pertama di Indonesia. 

Pengambilan LNG pun dilaksanakan pasca serangkaian uji coba tuntas dilakukan para pihak.

"Penyaluran alokasi LNG dari Kayan membuktikan skema beyond pipeline PGN dapat direalisasikan komersialisasinya,"kata Ratih Esti Prihatini.

Partnership PGN Group dengan Kayan dalam monetisasi alokasi LNG skala kecil.

BACA JUGA:PGN Raih Penghargaan Sebagai Badan Usaha Niaga Terbaik di Indonesia

"Diharapkan dapat menggerakkan LNG retail di Indonesia dan menciptakan multiplier effect bagi pengguna akhir dan menciptakan pertumbuhan ekonomi baru disekitarnya,"ujar Ratih.

Smelter merupakan proyek hilirisasi yang implementasinya sedang gencar didorong oleh Pemerintah. 

Lantaran smelter dapat berperan meningkatkan nilai raw material yang merupakan produksi pertambangan di Indonesia. 

Dengan penyaluran LNG ke smelter, PGN Group menginginkan untuk turut berperan mendukung program hilirisasi Pemerintah yang menggunakan gas bumi sebagai energi rendah emisi dan ramah lingkungan.

Sumber: