TPID Ogan Ilir Waspadai Harga Sembako Naik, Cek Daftar Sembako Wajib Dipantau

TPID Ogan Ilir Waspadai Harga Sembako Naik, Cek Daftar Sembako Wajib Dipantau

TPID Kabupaten Ogan Ilir mengadakan HLM TPID Menjelang Natal dan Tahun Baru di Kantor Bupati Ogan Ilir pada Selasa, 12 Desember 2023. --

INDRALAYA, RADARPALEMBANG.COM – Sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Ogan Ilir diperkirakan berpotensi mengalami kenaikan harga. 

TPID Kabupaten Ogan Ilir mengadakan HLM TPID Menjelang Natal dan Tahun Baru di Kantor Bupati Ogan Ilir pada Selasa, 12 Desember 2023. 

"HLM ini ditujukan sebagai bentuk media koordinasi dalam rangka upaya pengendalian inflasi menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,"kata Deputi Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumsel, Nurcahyo Heru Prasetyo, dalam keterangan resminya, Rabu 13 Desember 2023.

BI Sumsel menghimbau agar anggota TPID Ogan Ilir mewaspadai beberapa komoditas pangan yang berpotensi mengalami kenaikan harga jelang Natal dan Tahun Baru.

BACA JUGA:Jelang Natal dan Tahun Baru, BI Sumsel Himbau Monitoring Harga dari Minggu ke Minggu

“Berdasarkan perkembangan harga terkini, terdapat beberapa komoditas yang saat ini perlu diwaspadai kenaikan harganya,”jelas Nurcahyo Heru Prasetyo.

Setidaknya ada 4 komoditas dari sembako yang wajib dipantau sisi suplai dan permintaannya di pasaar. 

“Antara lain aneka cabai, gula pasir, bawang merah, dan minyak goreng,”ungkap Nurcahyo Heru Prasetyo. 

Badan Pusat Statistik (BPS) dalam HLM TPID Menjelang Natal dan Tahun Baru di Ogan Ilir mengingatkan ada 2 komoditas yang harus dipantau TPID.

BACA JUGA:Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi di Sumatera, BI Sumsel: Konsisten 3 Triwulan Berturut-turut

“Kenaikan harga aneka cabai diakibatkan penurunan pasokan seiring dengan kekeringan akibat fenomena El Nino,”kata Statistisi Muda Badan Pusat Statistik, M Zamrizal 

Selain potensi harga cabai karena kendala pasukan, BPS juga mengingatkan adanya kenaikan harga gula karena perubahan harga acuan.  

“Kenaikan harga gula pasir seiring dengan penyesuaian harga acuan Badan Pangan Nasional,”ungkap dia.

Langkah cegah pro aktif juga diingatkan Kepala Bagian Biro Perekonomian Provinsi Sumatera Selatan Isdarma, dalam HLM TPID Menjelang Natal dan Tahun Baru di Ogan Ilir.

Sumber: