Wow! Nilai Ekspor Pertanian dan Perikanan Sumsel ke-11 Negara Capai Rp 153 Miliar Lebih

Wow! Nilai Ekspor Pertanian dan Perikanan Sumsel ke-11 Negara Capai Rp 153 Miliar Lebih

Kepala Badan Karantina Indonesia, Sahat M. Panggabean melepas ekspor komoditas pertanian dan perikanan asal Provinsi Sumatera Selatan senilai Rp. 153,4 miliar --

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Kepala Badan Karantina Indonesia, Sahat M. Panggabean melepas ekspor komoditas pertanian dan perikanan asal Provinsi Sumatera Selatan senilai Rp. 153,4 miliar menuju 11 negara sekaligus.

“Karantina Indonesia hadir untuk mendorong kemudahan berusaha, kelancaran arus barang khususnya komoditas pertanian dan perikanan baik untuk ekpor, impor dan kebutuhan konsumsi masyarakat,” kata Sahat saat melepas ekspor di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Boom Baru, Palembang, Jumat, 8 Desember 2023.

Menurut Sahat, pihaknya melakukan serangkaian tindakan karantina untuk memastikan kesehatan, keamanan dan kelayakan komoditas.

Kita pastikan komoditas dapat diterima di negara tujuan dengan baik, bebas hama penyakit dan penuhi persyaratan teknis, tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Sahat juga menyampaikan tentang integrasi lembaga yang dipimpinnya.

BACA JUGA:Tingkatkan Bidang Kehumasan, Balai Karantina Sumsel Gelar FGD 'Peran Pentinng Media Pada Organisasi'

Semula Karantina Pertanian berada dibawah Kementerian Pertanian dan Karantina Ikan dibawah Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kini guna merespon perkembangan dinamika perekonomian global, pemerintah mengintegrasikannya agar dapat menjaga kinerja perdagangan di tengah pasar global, papar Sahat.

"Pelepasan ekspor ini merupakan kolaborasi yang baik antara Karantina dan instansi lainnya di Sumatera Selatan," ujar Sahat.

Pj Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Agus Fatoni yang turut hadir melepas ekspor menyampaikan apresiasi terhadap fasilitasi yang diberikan dalam memperluas jangkauan produk unggulan Sumatera Selatan di pasar global. 

BACA JUGA:2 Profesor Fakultas Pertanian Unsri Apresiasi Hasil Pemantauan OPT Karantina Sumatera Selatan

“Potensi Sumatera Selatan sangat luar biasa, pelepasan ekspor hari ini turut membuka peluang baru untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Sekaligus menunjukkan sinergitas seluruh instansi baik Karantina, Bea Cukai, dan Provinsi Sumatera Selatan," ujar Agus.

Azhar Ismail, pejabat Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Sumatera Selatan yang turut mendampingi memaparkan data ekspor, yakni 

Sumber: