Wisatawan Diminta Waspada, Gunung Marapi Sumbar Meletus, Begini Kondisi Kota Bukittingi

Wisatawan Diminta Waspada, Gunung Marapi Sumbar Meletus, Begini Kondisi Kota Bukittingi

Gunung Merapi di Sumbar meletusan dan mengeluarkan abu vulkanik yang berdampak di bebrapa daerah seperti di sekitarnya--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar) mengalami letusan dan mengeluarkan abu vulkanik yang berdampak di bebrapa daerah seperti Bukittingi, Kabupaten Agam, dan Kabupaten Tanang Datar.

Gunung Marapi aktif yang berada di antara daerah Kabuapten Agam dan Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat meletus pada hari Minggu 3 Desember 2023.

Dilansir dari Badan Nasional Penanggulan Bencana, Gunung marapi Sumbar ini meletus dengan ketinggian 2.891 mdpl yang ditandai terdapatnya muntahan kolom abu berisi material vulkanik hingga 3.000 meter dari puncak kawah dan disertai suara dentuman keras.

Menurut dari hasil rekaman seismogram Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi Gunung Marapi dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi 4 menit 41 detik.

BACA JUGA:Smart City IKN akan Berdampingan dengan Alam

Daerah sekitar gunung seperti Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, dan Kota Madya Bukittingi terkena dampak dari erupsi tersebut. Dimana abu vulkanik dan kerikil dari Gunung Merapi memenuhi daerah tersebut terutama Bukittinggi.

Apalagi Bukittinggi merupakan kota madya yang merupakan tempat kota wisata dan kota perekonomian terbesar di Sumatera Barat.

Karena terjadinya erupsi Gunung Merapi yang dekat dengan daerah Bukittinggi sangat berdampak kepada tempat-tempat wisata, penjual, dan masyarakat yang tinggal didaerah tersebut.

Tak hanya berdampak kepada pemukiman, banyak pendaki yang masih terjebak dipuncak gunung merapi. 

Petugas Pos Pemantau Gunung Api di Bukittingi Ahmad Rifandi menyampaikan kepada masyarakat yang terdampak  untuk tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 Km dari Puncak Merapi, karena saat ini berada pada level II atau waspada.

BACA JUGA:Wow, Ribuan Alumni Bakal Ramaikan Reuni Akbar dan Expo Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang

Ptugas Pos Bukittingi ini juga mengatakan bahwatinggi kolom abu belum dapat diamati ketinggiannya karena masih tertutup awan.

Peristiwa meletusnya Gunung Marapi ini juga dibenarkan oleh Bambang Wasito, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Saat ini tim BPBD Kabupaten Agam sudah berada di daerah Sungai Pua dan Kecamatan Candung yang sangat dekat dengan Gunung Merapi. 

Sumber: