Tidak Menjamin Hidup Lebih Sehat, Ternyata Penggunaan Air Fryer Punya Dampak Buruk, Cek Faktanya

Tidak Menjamin Hidup Lebih Sehat, Ternyata Penggunaan Air Fryer Punya Dampak Buruk, Cek Faktanya

Memasak dengan Air Fryer ternyata tidak lebih sehat dan malah berbahaya apabila menggunakannya dengan cara yang tidak tepat--

Batas aman acrylamide yang dikonsumsi oleh manusia adalah 40 mikrogram per kg berat badan per hari. Agar tidak menyebabkan neurotoxicity atau suatu dampak gangguan neuron atau gangguan saraf.

Untuk mencegah kanker karena sifatnya carciogenik batas aman acrylamide dalam satu hari adalah 2,6 sampai 16 mikrogram per kg berat badan.

Sebuah penelitian sudah membandingkan makanan yang di air fryer dengan makanan yang digoreng menggunakan minyak.

BACA JUGA:Catat! Ini 8 Makanan Pengganti Nasi, Cocok untuk Diet demi Pangkas Perut Buncit

Contoh makanannya adalah kentang yang fresh, ketika di air fryer akan menghasilkan zat acrylamide sebesar 1400 mikrogram, tentu saja sudah melampaui batas aman.

Ketika tubuh tidak terkena kanker ketika mengkonsumsi zat acrylamide ini terlalu berlebihan, itu karena tubuh  mempunyai mekanisme untuk membuat tubuh menjaga keseimbangannya yang di sebut sebagai homeostasis.

Tubuh akan berusaha untuk membersihkan atau mendetox racun-racun di dalam tubuh termasuk zat acrylamide.

Tapi jika dikonsumsi secara terus-menerus apalagi dengan semakin bertambahnya usia, semakin menurunnya metabolisme dan semakin menurunnya fungsi organ liver yang fungsinya untuk mendetox otomatis potensi untuk terjadinya masalah-masalah kesehatan.

Masalah kesehatan seperti gangguan nuron atau gangguan saraf dan juga kanker. Dimana hal ini efeknya tidak langsung menganganggu ke kesahatan tubuh.

BACA JUGA:Bahaya! 10 Makanan yang Harus Dihindari Saat Tengah Malam, Berakibat Buruk Sebabkan Berbagai Penyakit

Untuk itu solusinya adalah ketika ingin menggunakan air fryer, gunakanlah di bawah suhu 160 derajat Celcius. Dimana suhu ini batas amannya agar tidak memicu acrylamide yang berlebihan.

Kemudian jangan dimasak terlalu lama yaitu sekitar dibawa 20 menit, memasak dengan air fryer juga juga harus menentukan durasi masak dan jumlahnya.

Dan juga tergantung dari  jenis makanannya seperti ayam, ikan, daging, telur yang dimasak harus dengan kematangan yang durasi kematangan berbeda-beda.

Agar tidak terlalu lama di prosesnya salah satu solusinya adalah melakukan persiapan bahan tersebut sebelum di air fryer, Contohnya seperti kentang bisa untuk direndam dulu menggunakan air atau di kukus sebentar untuk beberapa bahan protein.

BACA JUGA:Wow! 7 Makanan Ini Bisa Buat Panjang Umur, Baik Untuk Jantung dan Solusi Hidup Sehat

Sumber: