Apa Iya Gula Aren Bisa Turunkan Kadar Gula Darah? Ini Penjelasannya

Apa Iya Gula Aren Bisa Turunkan Kadar Gula Darah? Ini Penjelasannya

Apa Iya Gula Aren Bisa Turunkan Kadar Gula Darah? Ini Penjelasannya--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Buat kamu yang masih ragu apakah gula aren dapat menurunkan kadar gula darah ada baiknya menyimak artikel berikut ini. 

Gula aren adalah gula yang disebut lebih baik dari pada gula putih atau gula pasir, hal ini dikarenakan  karena glikemik indeks atau kecepatan gula darah akan meningkat ketika kita konsumsi gula

Gula darah akan meningkat ketika mengkonsumsi karbohidrat, maka dari itu akan disebut dengan glikemik indeks. Kenaikan glikemik indek ada tinggi, sedang, dan rendah.

Semakin tinggi glikemik indeksnya makan akan kurang baik untuk yang memiliki masalah gula darah.

Glikemik indeks dari gula aren ini menurut penelitian terbagi 2 gula areh yaitu gula aren yang dicetak  glikemik indeksnya 62.Sedangkan gula aren yang kristal glikemik indeksnya lebih rendah antara 43-35. 

BACA JUGA:Sup Buah Pir Obat Herbal China Penangkal Sakit Saat Cuaca Buruk, Kaya Akan Serat, Berikut Cara Membuatnya

Untuk satu sendok makan gula putih memiliki  kalori sekitar 60 kalori. Dimana  60 kalori ini hampir semuanya adalah karbohidrat yaitu sebesar 14,5 gram. 

Gula aren ini 78 persen mengandung gula atau glukosa. Dan juga mengandung trace mineral atau mineral-mineral yang bermanfaat seperti fosfor 3,6 Mg per 1 sendok makan, kemudian 13,5 Mg kalium, 8,5 Mg kalsium, 2,1 Mg magnesium dan lain sebagainya.

Kerena itu gula aren ini sehat karena mengandung mineral meskipun jumlahnya tidak signifikan. Jadi jika tujuan kita hanya untuk mendapatkan mineralnya saja, berarti harus dikonsumsi dalam jumlah yang sangat banyak.

Tentunya jika dikonsumsi sangat banyak akan menimbulkan masalah lain seperti gula darah yang naik . 

Jika dibandingkan dengan gula putih ya gula putih yang memiliki glikemik indeks 68 dalam 1 sendok makan atau 15 gram. Untuk gula aren dengan berat 14,5.

BACA JUGA:Tak Perlu Minum Obat, Ini 5 Cara Efektif Hilangkan Sakit Kepala

Keduanya memiliki kalori yang sama yaitu 60 kalori. Yang membedakan antara gula putih dengan gula aren adalah gula putih atau gula pasir tidak mengandung nutrisi sama sekali.

Oleh karena itu gula ini disebut sebagai refine sugar atau gula yang sudah diproses.

Sumber: