Waspada! 3 Makanan Ini Dapat Merusak Fungsi Ginjal, Nomor 1 Paling Banyak Dikonsumsi

Waspada! 3 Makanan Ini Dapat Merusak Fungsi Ginjal, Nomor 1 Paling Banyak Dikonsumsi

Berikut 3 makanan yang biasa dikonsumsi setiap hari ternyata dapat merusak fungsi ginjal dan bahkan dapat menyebabkan kematian--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Berikut 3 makanan yang biasa dikonsumsi setiap hari ternyata dapat merusak fungsi ginjal dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Menurut penelitian 15 persen orang dewasa mengalami gagal ginjal kronis. Di Indonesia sendiri sebanyak 42.000 orang pertahun mengalami kematian karena gagal ginjal kronis ini.

Gejala awal dari gagal ginjal kronis yang pertama adalah karena diabetes. Menurut penelitian penyebab 90% orang gagal ginjal adalah karena diabets tipe 2 yang disebabkan oleh resistensi insulin.

Penyebab yang kedua adalah hipertensi kronis. Bukan hipertensi yang menyebabkan seseorang gagal ginjal tetapi orang yang mengalami gagal ginjal inilah yang membuat tekanan darahnya bermasalah.

BACA JUGA:Masih Jadi Perdebatan, Mengkonsumsi Telur Baik Atau Buruk Untuk Kesehatan? Cek Faktanya di Sini

Penggunaan NSAID jangka panjang juga penyebab terjadinya gagal ginjal. NSAID juga disebut dengan obat anti peradangan seperti obat pereda nyeri. 

Sering merasa mudah lelah, sering buang air kecil, atau bahkan punya raport lab fungsi ginjal yang terus menurun, bisa jadi hal tersebut dikarenakan makanan yang biasa dimakan ternyata dapat merusak fungsi ginjal.

Berikut 3 makanan yang dapat merusak fungsi ginjal :

1. Gula 


Gula--

Kebutuhan harian gula manusia dalam sehari sebenarnya adalah 0 gr. Sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh salah satunya dari glukosa. Dan glukosa tidak hanya didapatkan dari gula saja.

BACA JUGA: Dahsyat! Ini 8 Manfaat Rutin Mandi Subuh Bagi Kesehatan Tubuh

Gula yang dikonsumsi memang akan dapat di ubah menjadi glukosa dalam darah. Tetapi sumber glukosa bukan hanya dari gula saja. Glukosa bisa didapatkan dari karbohidrat, protein, dan juga lemak.

Itulah sebabnya seseorang tidak membutuhkan kandungan gula dia dalam tubuh. Gula yang berlebih malah akan menyebabkan diabetes tipe 2 karena kurangnya kemampuan ginjal menyaring gula tersebut.

Sumber: