Bolehkah Makan Tempe Mentah? Berikut Ini yang Wajib Diperhatikan

Bolehkah Makan Tempe Mentah? Berikut Ini yang Wajib Diperhatikan

--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Tempe adalah sumber protein yang murah dan mudah Anda temukan di Indonesia. Sebelum dikonsumsi, Tempe biasanya perlu dimasak terlebih dulu.

Namun, beberapa orang mempercayai tempe mentah baik untuk kesehatan karena kandungan bakteri baiknya.

Seperti unggahan mengenai kebiasaan seseorang makan tempe mentah, viral di media sosial setelah dibagikan akun X (dulu Twitter) @FOODFESS2, Rabu 8 November 2023.

Lewat unggahannya, seorang warganet menyebutkan jika dirinya makan tempe mentah tanpa digoreng ataupun direbus terlebih dahulu.

"Aku tu suka nyemilin tempe mentah, kek gini ada efek negatifnya ga yaa?" tanyanya.

Hingga kemarin, unggahan tersebut telah ditonton sebanyak 1,5 juta kali, dibagikan 1.000 kali, dan disukai 7.000 pengguna internet. Lalu, apakah mengonsumsi tempe mentah aman bagi pencernaan atau justru ada risiko kesehatan yang akan terjadi?

BACA JUGA:Bukan Makan Nasi yang Bikin Gagal Diet, Tapi Kebiasaan Ini

Resiko Makan Tempe Mentah

Dokter penyakit dalam spesialis gastroenterologi dan hepatologi RSCM Ari Fahrial Syam mengatakan, pihaknya tidak menganjurkan mengkonsumsi tempe mentah.

"Tempe itu kan belum matang jadi sebaiknya memang tidak boleh dimakan mentah, kecuali sudah ada proses pemasakan terlebih dulu," ujar dekan FK UI.

Menurut Ari, tempe mentah bisa saja terkontaminasi bakteri dalam proses pembuatannya. Apabila tempe dimakan mentah, hal ini berisiko menimbulkan diare pada orang yang memakannya.

Dia juga menyarankan agar tempe yang disajikan atau dikonsumsi dalam keadaan matang. Misalnya, diolah menjadi tempe bacem, direbur, dibuat sayur, digulai, atau tempe goreng.

"Itu paling tidak, dia (tempe) sudah pernah dalam situasi panas lebih di atas 100 derajat celsius," tambahnya.

BACA JUGA:Rahasia Glowing Tanpa Skincare, Ini Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah yang Bikin Cantik Maksimal

Sumber: