UBD Gelar Pengukuhan Guru Besar Prof Ir Nurly Gofar MSCE PhD

UBD Gelar Pengukuhan Guru Besar Prof Ir Nurly Gofar MSCE PhD

Universitas Bina Darma menggelar sidang terbuka pimpinan dalam rangka pengukuhan jabatan Guru Besar/Profesor bagi Prof. Ir. Nurly Gofar, MSCE, Ph.D., di bidang ilmu Teknik Sipil.-dok ubd-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Universitas Bina Darma menggelar sidang terbuka pimpinan dalam rangka pengukuhan jabatan Guru Besar/Profesor bagi Prof. Ir. Nurly Gofar, MSCE, Ph.D., di bidang ilmu Teknik Sipil.

Acara ini berlangsung di Aula Prof. Ir. H. Bochari Rachman, Kampus BR 1 Universitas Bina Darma pada Selasa, 10 Oktober 2023.

Rektor Universitas Bina Darma, Prof. Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M., menyampaikan sambutan gembira atas pencapaian ini menjadi sebuah kebanggan untuk Universitas Bina Darma dalam menambah Guru Besar/Profesor.

“Dalam kesempatan ini, saya selaku pribadi dan institusi mengucapkan selamat, semoga dengan dikukuhkannya Prof. Ir. Nurly Gofar, MSCE, Ph.D., sebagai Profesor akan semakin meningkatkan peran Universitas Bina Darma dalam keilmuan dan pembangunan di Sumatera Selatan dan di Indonesia,” ungkap Prof. Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M.

BACA JUGA:Tim Inovator Center UBD Lolos Top 5 Kompetisi Inovasi Kota Palembang


Peran seorang Profesor di lingkungan akademik sangat vital. Mereka menjadi pilar inovasi melalui pendidikan, riset, dan pengabdian karya-karya besar. Profesor juga memimpin pengembangan pusat-pusat penelitian dan riset, yang hasilnya memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat.

Dengan bertambahnya satu Profesor baru pada Universitas Bina Darma, universitas ini kini memiliki tambahan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sangat berkualitas.

Keberhasilan ini mencerminkan bahwa semakin banyak pakar yang dimiliki oleh Universitas Bina Darma, dan ini memberi dampak positif pada penilaian masyarakat terhadap institusi. Universitas Bina Darma juga semakin diakui oleh masyarakat regional, nasional, dan internasional.

Rasa bangga juga disampaikan oleh Prof. Ir. Nurly Gofar, MSCE, Ph.D., setelah resmi dikukuhkan sbg profesor, merasa sangat senang dan terharu dengan pencapaian ini yang merupakan hasil dari perjuangan panjang dan beasiswa S2 dan S3 yang telah diterimanya.

BACA JUGA:Lagi, Dua Mahasiswa UBD Raih Prestasi di Porprov Sumsel XIV

“Sangat senang dan terharu tentu saja  karena ini hasil dari perjuangan yg panjang dimana saya mendapatkan Lektor Kepala (LK) sejak tahun 2001. Pencapaian ini sangat penting dan menjadi tanggung jawab saya karena telah mendapat beasiswa S2 dan S3. Saya meraih gelar Doktor dari Purdue Uni USA pada tahun 1994,” ungkap Prof. Ir. Nurly Gofar, MSCE, Ph.D.

Dalam orasi ilmiahnya yang berjudul "Keruntuhan Lereng yang Disebabkan oleh Hujan: Belajar dari Pengalaman Praktis," Prof. Ir. Nurly Gofar, MSCE, Ph.D., mengajak para hadirin untuk memahami pentingnya rekayasa geoteknik dalam menghadapi tantangan keruntuhan lereng, yang merupakan topik penting di bidang Teknik Sipil.

Pada acara pengukuhan ini, Universitas Bina Darma juga mendapat apresiasi dari Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, MSc., Kepala Lembaga Layanan Dikti Wilayah II. "Selamat kepada Universitas Bina Darma atas dikukuhkannya Prof. Ir. Nurly Gofar, MSCE, Ph.D., sebagai guru besar ke-39 di LLDikti Wilayah II.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada Universitas Bina Darma  atas dikukuhkannya Prof. Ir. Nurly Gofar, MSCE, Ph.D. sebagai guru besar ke-39 di LLDikti Wilayah II,” ujar Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, MSc.

“Saya berharap di akhir tahun ini akan ada tambahan guru besar baru, khususnya di Universitas Bina Darma. Sepanjang 2023 ini Universitas Bina Darma sudah mengukuhkan 3 guru besar. Saya berharap semakin banyak guru besar baru yang muncul di akhir tahun ini, khususnya dari Universitas Bina Darma," tambahnya.

Acara ini turut dihadiri oleh para pimpinan Universitas Bina Darma, Rektor Prof. Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M., Wakil Rektor Bidang Akademik M. Izman Herdiansyah, S.T., M.M., P.hD., Wakil Rektor Bidang SDM Ria Andryani, M.M., M.Kom., Wakil Rektor Bidang Riset, Teknologi, dan Inovasi Dr. Edi Surya Negara, M.Kom., Wakil Rektor Bidang Riset, Teknologi, dan Inovasi Dr. Yanti Pasmawati, S.T., M.T., serta Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum Ade Kemala Jaya, S.E., M.Acc., Ak., CA. Sejumlah pimpinan struktural Universitas Bina Darma juga turut hadir dalam acara ini.

Pada kesempatan ini juga  hadir Drs H Sutoko Msi Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mewakili Pj. Gubernur Sumsel. 

Dengan semakin bertambahnya jumlah Profesor di Universitas Bina Darma, visi universitas ini untuk menjadi universitas berstandar Internasional dan berbasis IT pada tahun 2025 semakin mendekati kenyataan. Universitas Bina Darma terus menunjukkan komitmennya dalam mencetak para ahli yang berkontribusi nyata dalam pembangunan Sumatera Selatan dan Indonesia.(*)

Sumber: