Pertama, Sate Klathak khas Yogya Hadir di Palembang

Pertama, Sate Klathak khas Yogya Hadir di Palembang

Pencinta menu-menu kambing yang ada di Kota Palembang, bisa coba tantangan baru mencicipi sate klathak khas Yogyakarta yang memiliki cita rasa berbeda dari sate lainnya.-henny/radarpalembang.com-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Pencinta menu-menu kambing yang ada di Kota Palembang, bisa coba tantangan baru mencicipi sate klathak khas Yogyakarta yang memiliki cita rasa berbeda dari sate lainnya.

Menu yang menjadi andalan restoran Sate Klathak Sani ini memang unik. Selain memiliki ukuran daging yang besar, sausnya juga tidak memakai kacang atau kecap, tapi kuah dengan tekstur sedikit encer hasil perpaduan bumbu kari dan rempah.

Dicky, pemilik Sate Klathak Sani menyebutkan, sate klathak baru pertama ada di Palembang. Sate khas Yogyakarta ini pada dasarnya memiliki rasa yang manis. Untuk menyesuaikan dengan lidah orang Palembang, ia pun memberikan sentuhan sedikit rasa pedas.

“Menu Yogyakarta kan biasa manis, jadi kita ubah sedikit biar sesuai dengan lidah Wong Kito,” ujarnya saat dibincangi kemarin.

BACA JUGA:Cerita Pejabat di Sumsel Kepincut Ikan Bakar Gegana, Luar Biasa dan Palembangnya Dapet

Menurut Dicky, untuk pemilihan daging kambing sendiri punya trik sendiri, seperti kambing yang dipakai berusia mulai dari tujuh hingga sembilan bulan.

“Kalau usia segitu, tekstur daging kambing masih lembut, jadi kalau dinikmati dagingnya tidak terlalu kejal, masih empuk,” jelasnya.

Sebelum diolah, daging melalui proses marinasi dulu dengan bumbu khusus minimal selama dua jam baru kemudian ditusuk dengan besi lalu dibakar.

Satu porsi sate klathak dengan dua tusuk sate berukuran besar termasuk kuah gulai dibanderol dengan harga Rp35.000.

BACA JUGA:Ini Surga Penyuka Gurih dan Pedas di Palembang, Empat Tenant Kumpul jadi Satu Bikin 'High Voltage'

“Lebih sedap, sate disantap bersama nasi putih, cukup tambah Rp5.000 saja,” ucapnya.

Meski baru dibuka beberapa hari lalu, menurut Dicky, antusias masyarakat cukup tinggi dengan sate klathak ini dan sebagian besar menyukai baik tekstur maupun rasa dari sate tersebut.

Selain sate klathak, tersedia menu varian kambing lainnya seperti Tengkleng Kepala Kambing, Tengkleng Kambing, Tongseng Kambing, Sate Kambing, Mie Jawa, Mie Godok, Nasi Goreng Kambing, dan lainnya yang ditawarkan mulai dari harga Rp35.000 per porsi tanpa nasi.

Restoran ini juga menyediakan tempat untuk berbagai acara seperti arisan, gathering, kumpul komunitas, ulang tahun, dan lainnya. Memiliki tempat yang luas dengan kapasitas 100 orang dilengkapi live music sehingga dapat lebih menyemarakkan suasana.

BACA JUGA:Autentik Minang, Ini Harga Lengkap Paket Nasi Kotak Dapur Neka Terbaru, Rasa Istimewa Wajib Coba

Tak ketinggalan, warga Palembang juga bisa datang untuk menikmati Angkringan dengan beragam menu mulai dari aneka sate hingga nasi bakar sambil lesehan di depan restoran.

“Angkringan kita ini mulai dari harga Rp3.000 sampai Rp5.000 saja, murah meriah,” katanya.

Sate Klathak Sani berlokasi di Jalan Basuki Rahmat, di deretan Sop Jakarta Om Ndut Palembang. Buka setiap hari mulai pukul 10.00 - 22.00 WIB. Untuk Angkringan, buka pukul 16.00 - 04.00 WIB. (*)

Sumber: