Keren, Mahasiswa UBD Berhasil Buat Aplikasi Sigap 44

Keren, Mahasiswa UBD Berhasil Buat Aplikasi Sigap 44

Mahasiswa Universitas Bina Darma, Yusman Septian Semester 8 Prodi Sistem Informasi berhasil membuat aplikasi Sigap 44.-dok ubd-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Mahasiswa Universitas Bina Darma, Yusman Septian Semester 8 Prodi Sistem Informasi berhasil membuat aplikasi Sigap 44 (Sistem Informasi Teritorial dan Data Korem 044/Gapo).

Aplikasi ini ia buat selama proses magang terhitung mulai 7 Agustus 2022 sampai 7 Desember 2022 dan baru disosialisasikan pada tanggal 22 November 2022.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi atau disingkat PANRB memberikan penilaian kepada Korem 044/Gapo terkait penerapan teknologi dalam komunikasi organisasi antar internal Korem 044/Gapo pada 26 September 2023.

Aplikasi berbasis website ini  digunakan untuk pemantauan sumber daya yang ada di Provinsi Sumatera Selatan yang digunakan oleh Sesi Teritorial Korem 044/Gapo serta Kodim Jajaran Korem 044/Gapo meliputi Kodim Banyuasin OKU, OKI, Muara Enim, Lahat, Lubuk Linggau, Musi Banyuasin, dan Palembang.

BACA JUGA:UBD Gelar Webinar Nasional Tahun 2023 Seri 12

Disebutkan Yusman,  ide pembuatan aplikasi Sigap 44 berasal dari kebutuhan Korem 044/Gapo. Namun ia tetap berkoordinasi dan merumuskan konsep dari aplikasi Sigap 44 tersebut sehingga aplikasi itu dapat digunakan oleh Korem Gapo/44 serta Kodim jajaran.

“Saya dapat mengimplementasi ilmu dari apa yang sudah dipelajari selama perkuliahan, selain itu menjadi suatu kebanggaan bagi saya dapat membuat aplikasi yang berguna bagi Korem 044 dan jajaran,” ujarnya.

Dari hasil pembuatan aplikasi tersebut, Yusman mendapatkan sertifikat magang dan
sertifikat penghargaan pembuat aplikasi Sigap 044.

Sementara, Kolonel Inf Debok Sumantokoh S.H mengatakan, dengan adanya aplikasi ini dapat mempermudah dalam pengelolaan data, kordinasi dengan satuan bawah.

BACA JUGA:Bidarians Choir UBD Raih Kemenangan di Lomba Music Competition Top Coffee & Prambors

“Dengan adanya kerja sama ini pihak Korem dapat belajar mengenai sistematis kerja secara akademik, struktur kerja, dan meningkatkan hubungan kerja sama antar instansi,” tutupnya. (*)

Sumber: