BI Dukung Sumsel Kerja Sama Komoditas Bawang Merah dari Bima dan Nganjuk

BI Dukung Sumsel Kerja Sama Komoditas Bawang Merah dari Bima dan Nganjuk

Pemerintah Kota Palembang dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan perluas kerja sama antar daerah untuk Komoditas Bawang Merah.--Doc.radarpalembang.disway

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Pemerintah Kota Palembang dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan perluas kerja sama antar daerah untuk Komoditas Bawang Merah.

Terbaru, Kota Palembang dan Provinsi Sumatera Selatan kerja sama dengan Bima dan Nganjuk.

Kerja sama tersebut tertuang dalam penandatanganan perjanjian kerja sama antar daerah (KAD) dengan Kabupaten Bima dan Kabupaten Nganjuk di Jakarta Rabu 20 September 2023. 

Pada kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan 3 (tiga) perjanjian KAD Kota Palembang, yakni Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk.

BACA JUGA:BI Sumsel Prediksi Panen Raya Padi Bakal Redam Inflasi di September 2023

Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bima dengan Dinas Perdagangan Kota Palembang. 

PKS antara Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Nganjuk.

Penandatanganan perjanjian KAD Komoditas Bawang Merah sebagai tindak lanjut kunjungan lapangan yang dilakukan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Palembang dan TPID Provinsi Sumsel ke Lombok dan Kabupaten Nganjuk pada 31 Mei dan 14 September 2023.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan atau BI Sumsel turut mendukung kegiatan kunjungan lapangan tersebut.

BACA JUGA:BI Sumsel Himbau Tetap Waspada Inflasi di September, Terutama Efek Kenaikan Harga BBM

BI Sumsel juga membantu koordinasi antara pemerintah daerah maupun instansi setempat.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah (Rakorpusda).

Terkait Peningkatan Kapasitas Tim Pengendalian Inflasi Daerah Provinsi dan Kabupaten dan Kota Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri tanggal 20 sampai dengan 21 September 2023. 

"Ini ditujukan sebagai bentuk upaya pengendalian inflasi yang dilakukan TPID Kota Palembang dan TPID Provinsi Sumsel," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan (BI Sumsel), Ricky P. Gozali, Sabtu 23 September 2023.

Sumber: