BSSN Gandeng UBD Gelar Bimtek Kesiapsiagaan Insiden Siber

BSSN Gandeng UBD Gelar Bimtek Kesiapsiagaan Insiden Siber

BSSN) berkerja sama dengan Universitas Bina Darma menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kesiapsiagaan Insiden Siber di Aula Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M. Sc Kampus BR 1 Universitas Bina Darma.-dok ubd-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COMBadan Siber dan Sandi Negara (BSSN) berkerja sama dengan Universitas Bina Darma menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kesiapsiagaan Insiden Siber di Aula Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M. Sc Kampus BR 1 Universitas Bina Darma, 19 - 20 September 2023.

Pimpinan yang hadir ada Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pembangunan Manusia, Deputi 3 BSSN Giyanto Awan Sularso, S.Kom., M.M, Rektor Universitas Bina Darma Prof. Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M, Ketua Tim Kerja Sistem Informasi LLDIKTI Wilayah II  Irsan Aras, S.T., M.Kom, dan Wakil Rektor Bidang Akademik UBD - M. Izman Herdiansyah, S.T., M.M., Ph.D.

Sementara jumlah peserta ada 83 orang yang berasal dari 26 Perguruan Tinggi di wilayah II LLDIKTI, yaitu Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu dan Kepulauan Bangka Belitung.

Maksud dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapabilitas dan kesiapan dalam menangani insiden siber di bidang keamanan siber dan persandian pada sektor pendidikan, terkhusus pada Perguruan Tinggi di wilayah II LLDIKTI.

BACA JUGA:UBD Raih Penghargaan LLDikti Wilayah II

Sementara tujuan kegiatan, menguji kemampuan teknis dalam menganalisis dan menangani insiden siber pada institusi, memberikan pemahaman tentang taktik, teknik, dan prosedur yang dilakukan oleh aktor kriminal siber dalam melakukan serangan siber dan Meningkatkan kesadaran terhadap ancaman siber.

BSSN berharap setelah kegiatan bimtek ini
para peserta mengimplementasikan materi yang didapat dalam mengamankan sistem informasi organisasi masing masing dan  Universitas Bina Darma menjadi titik simpul kolaborasi perguruan tinggi di wilayah II LLDIKTI di bidang keamanan siber.

Universitas Bina Darma didaulat sebagai penyelenggara kegiatan dikarenakan terkait kesiapan sarana dan prasarana Universitas Bina Darma dalam menyelenggarkan kegiatan bimtek.(*)

Sumber: