Ini Untung Ruginya Belanja Pakai PayLater, Cermati dengan Baik!

Ini Untung Ruginya Belanja Pakai PayLater, Cermati dengan Baik!

Ilustrasi aplikasi PayLater.--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Perkembangan teknologi telah memberikan kemudahan bagi masyarakat, sistem jual beli pun semakin canggih.

Hal ini dibuktikan dengan adanya metode pembayaran paylater atau bayar setelah barang diterima dengan cara diangsur plus bunga. Dalam menggunakan paylater ada pilar jual beli yang harus diperhatikan.

Apalagi saat ini bermunculan beragam sistem pembayaran atau produk jasa keuangan yang bisa dikatakan memudahkan masyarakat berbelanja.

Kini sistem pembayaran tak lagi hanya bergantung pada kartu kredit perbankan meskipun eksistensinya masih ada.

BACA JUGA:Kenali PayLater dengan Segudang Resikonya, Ini Penting Diketahui Biar Tidak Jadi Candu

Di era digital seperti sekarang ini, muncul juga fenomena paylater dari perusahaan financial technology (fintech).

Maupun start-up lainnya yang memungkinkan masyarakat membeli sesuatu, baik barang ataupun jasa dengan dicicil tanpa menggunakan kartu.

Beberapa contoh fintech yang memiliki fitur paylater adalah Ovo PayLater, Kredivo.

Ada pula start-up di bidang jasa yang mengeluarkan layanan paylater, seperti Traveloka mengeluarkan fitur Traveloka PayLater. Kemudian Gojek yang mengeluarkan Gojek PayLater.

BACA JUGA:CATAT! 8 Aplikasi PayLater Tanpa Kartu Kredit Ini Bisa Jadi Rekomendasi Kamu

Perencana Keuangan Finansia Consulting Eko Endarto menjelaskan bahwa dari segi kemudahan, paylater lebih unggul dibandingkan kartu kredit perbankan.

“Kita nggak bicara untung-rugi tapi bicara kelebihan dan kekurangan. Kelebihan paylater adalah tidak ada syarat yang terlalu rumit dibandingkan perbankan,” kata Eko.

Mengapa demikian? Karena, masih menurut Eko, biasanya paylater diberikan kepada masyarakat yang sudah berkali-kali melakukan transaksi di aplikasi digital tertentu.

“Karena kan biasanya paylater dikasih untuk mereka-mereka yang sudah bertransaksi berkali-kali di aplikasi tertentu, ya sehingga dikasih kemudahan untuk bayar belakangan walaupun sama-sama kena bunga juga sebenarnya,” sebutnya.

Sumber: