Fakta Festival Bulan Hantu yang akan Dirayakan di Bulan Agustus Sesuai Jadwal Sembahyang Tionghoa

Fakta Festival Bulan Hantu yang akan Dirayakan di Bulan Agustus Sesuai Jadwal Sembahyang Tionghoa

Festival Bulan Hantu merupakan salah satu dari beberapa perayaan tradisi persembahyangan kepada leluhur. --mitrauttama.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Bulan Agustus ini, sesuai jadwal sembahyang Hari Raya Tionghoa, akan merayakan Festival Bulan Hantu.

Sembahyang Rebutan atau Festival Bulan Hantu (Zhong Yuan) jatuh pada 15 bulan 07 Imlek, bertepatan dengan tanggal 30 Agustus 2023.
Masyarakat Tionghoa punya kepercayaan bahwa arwah orang yang sudah meninggal di dunia arwah akan gentayangan di bumi.

Karena itu, dibutuhkan berbagai rangkaian atau ritual sebagai tindakan preventif. Berikut fakta Festival Bulan Hantu.

BACA JUGA:Catat Berikut Jadwal Sembahyang Hari Raya Tionghoa Tahun 2023

BACA JUGA:Setahun Full, Berikut Jadwal Sembahyang Hari Raya Tionghoa Tahun 2024

Festival Bulan Hantu dirayakan pada tanggal 15 bulan 7 penanggalan lunar. Dalam penanggalan internasional, perayaan ini biasanya akan jatuh di antara bulan Juli atau Agustus. Di Tiongkok bagian selatan, festival bulan hantu dirayakan sejak malam tanggal 14 bulan ke-7 penanggalan lunar.

Sembahyang rebutan untuk memperingati hari arwah umum, diperingati setiap tanggal 15 bulan 7 Imlek

Dikatakan bahwa masyarakat di sana merayakan festival tersebut 1 hari lebih awal, sebagai antisipasi agar tidak diganggu oleh arwah, dan di sepanjang hari yang kurang menguntungkan tersebut.

BACA JUGA:Jadwal Sembahyang Hari Raya Tionghoa Bulan Agustus 2023, Ada Festival Qi Xi dan Bulan Hantu

Festival Bulan Hantu merupakan salah satu dari beberapa perayaan tradisi persembahyangan kepada leluhur.

Perayaan lainnya meliputi Festival Musim Semi, Festival Cheng Beng dan Festival Chong Yang. Sebutan untuk Festival bulan hantu adalah Festival Zhongyuan (中元节; Zhōng yuán jié), sementara dalam ajaran Buddha disebut Festival Yulanpen.

Jadwal sembahyang hari raya Tionghoa pada bulan Agustus 2023, hanya terdiri dari dua festival, yaitu Qi Xi atau Hari Valentine China dan Festival Bulan Hantu.

BACA JUGA:CATAT, Jadwal Sembahyang Besar Dewa-Dewi Tahun 2024

Adapun jadwal sembahyang hari raya Tionghoa di bulan Agustus 2023, yakni Festival Qi Xi jatuh pada tanggal 07 bulan 07 Imlek atau bertepatan dengan tanggal 22 Agustus 2023.

Kemudian jadwal sembahyang Hari Raya Tionghoa di bulan Agustus 2023, dilanjutkan dengan Sembahyang Rebutan atau Festival Bulan Hantu (Zhong Yuan) yang jatuh pada 15 bulan 07 Imlek, bertepatan dengan tanggal 30 Agustus 2023.

Sumber: