Korem 044/Gapo Peringati Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah

Korem 044/Gapo Peringati Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah

Korem 044/Garuda Dempo memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1445 H/2023 M bertempat di Masjid Al Ikhlas Markas Korem 044/Gapo --

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Korem 044/Garuda Dempo memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1445 H/2023 M bertempat di Masjid Al Ikhlas Markas Korem 044/Gapo. Kamis, 27 Juli 2023.

Kegiatan peringatan tahun baru Islam 1445 Hijriah tersebut dihadiri Prajurit, PNS dan Persit KCK Koorcabrem 044 PD II/Sriwijaya.

Turut hadir para Kasi Kasrem 044/Gapo, para Pasi Korem, para Dan/Kabalak Korem, personil Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS jajaran Korem 044/Gapo.

peringatan tahun baru Islam kali ini mengangkat tema “Dengan Semangat koTahun Baru Islam 1445 H/2023 M Kita Tingkatkan Taqwa, Akhlak Mulia dan Kuatkan Persaudaraan.”

BACA JUGA: Danrem 044/Gapo Dampingi Pangdam II/Sriwijaya di Peresmian Fasilitas Air Bersih TNI AD

Dalam sambutan Kasrem 044/Gapo Kolonel Inf Muhammad Thohir, S.Sos.,M.M mengatakan tahun baru islam telah tiba, kita sambut kehadirannya dengan rasa syukur kepada Allah SWT.

"Karena kita masih diberi umur, diberi kesehatan sehingga kita masih dapat memasuki tahun baru hijriah ini dengan selamat dan sejahtera.” ucapnya 

Lebih lanjut, disampaikan bulan muharam, merupakan bulan permulaan tahun hijriah, bulan yang sangat mulia. Rasulullah sendiri menyebutkan bahwa bulan muharam adalah bulan Allah.

Oleh karena itu, dalam menyambut tahun baru hijriah ini marilah kita tingkatkan keimanan, ketaqwaan serta amal kebaikan kita sesuai dengan arti yang terkandung dalam tahun hijriah yakni nama tahun dimana Khalifah Umar Bin Khotob telah menetapkannya, agar seluruh umat islam mengingat peristiwa hijrah rasul untuk menegakan dinul islam. 

BACA JUGA:Danrem 044/Gapo Pimpin Sertijab 3 Dandim di Sumsel Hari Ini

Sebagai insan manusia yang diberikan umur panjang oleh Allah SWT, hendaknya kita bersyukur, dan kita flasback kebelakang, jadikan perbuatan kita dimasa lalu sebagai pelajaran yang berarti. 

“Marilah sama-sama kita benahi hidup kita agar senantiasa amal perbuatan kita didunia ini bermanfaat dan semakin sempurna dimata Allah SWT.” tuturnya 

Sementara itu Ustadz KH. Solihin Hasibuan, M.Pdi dalam tausiahnya menyampaikan bahwa 1 Muharram ini kita mengingat detik-detiknya berangkat hijrahnya Rasulullah dan para sahabat dari kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 masehi, saat itu, kaum kafir Quraisy di Makkah bersekongkol untuk membunuh Rasulullah SAW dan para pengikutnya karena menyebarkan agama Islam yang dianggap mengancam tradisi, kepercayaan politeistik, dan keistimewaan kaum elit Quraisy.

Sumber: